Beranda Warganet Warga Talamau Pasaman Barat khawatir terjadi longsor dan banjir susulan.

Warga Talamau Pasaman Barat khawatir terjadi longsor dan banjir susulan.

Simpang Empath, – (ANTARA) – Warga Paroman Nagari Sinuruik, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, diminta tetap waspada terhadap longsor dan banjir pada pekan depan karena cuaca masih berpotensi hujan.

“Saat ini para pengungsi telah kembali ke rumah masing-masing untuk memindahkan material dari banjir dan tanah longsor,” kata Pj Kepala. Wali Nagari Sinuruik Farid Muhammad Ali di Simpang Empat, Jumat.

Ia mengatakan, meski banjir sudah berhenti dan cuaca mulai membaik, masyarakat harus tetap waspada jika hujan turun lagi.

“Saat ini warga masih membersihkan sisa-sisa banjir di rumahnya masing-masing,” katanya.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman jika hujan lagi di Sinuruik Talamu.

Sementara itu, jajarannya bersama pemadam kebakaran, BPBD, Polri, dan TNI melakukan pembersihan material longsor di jalan raya yang tertimbun longsor.

“Jalannya masih licin berlumpur, sehingga perlu dibersihkan dan disemprot dengan alat pemadam kebakaran,” katanya.

Longsor dan banjir di kawasan Talamau terjadi pada Rabu pagi (11.10) dan Kamis (11.11). Akibatnya, puluhan rumah terendam air, dan jalur transportasi terputus dari Talu Panti, Kabupaten Pasaman, dan Simpang Empat.

“Saat ini jalan yang tertutup longsor kembali dapat dilalui kendaraan dengan sistem buka tutup karena jalan masih licin dan material longsor masih berada dipinggir jalan,” ujarnya.

Pihaknya masih mendata dampak dan kerugian akibat longsor dan banjir*.

Artikel sebelumyaBPKP Bab: Mewujudkan CGCAE Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas APIP
Artikel berikutnyaTim SAR temukan warga tewas di danau