Beranda News Wakil Presiden: Pertanian adalah tulang punggung perekonomian di era COVID-19

Wakil Presiden: Pertanian adalah tulang punggung perekonomian di era COVID-19

Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden Maaruf Amin mengatakan sektor pertanian menjadi tulang punggung perekonomian nasional di tengah runtuhnya pandemi COVID-19.

“Kami bersyukur di tengah guncangan akibat pandemi COVID-19, sektor pertanian mampu menjadi tulang punggung perekonomian nasional,” kata Wapres saat menyerahkan penghargaan Abdi Bakti Thani 2021 di hadapan Wapres. rapat presiden. Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin.

Tantangan yang dihadapi Indonesia dan negara lain tidak mudah di era pandemi COVID-19. Menurut Wapres, pandemi berdampak tidak hanya pada sektor kesehatan, tetapi juga pada sektor ekonomi.

“Tidak hanya krisis kesehatan, pandemi COVID-19 juga berdampak pada krisis ekonomi global. Perekonomian banyak negara di dunia tumbuh negatif, bahkan mengalami resesi,” tambahnya.

Sejak awal pandemi COVID-19, lanjut Wapres, Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) juga telah memperingatkan negara-negara akan potensi krisis pangan.

“Tantangan yang dihadapi sektor pertanian sendiri tidak mudah. Dikhawatirkan pandemi akan berimplikasi pada kebijakan pangan dan kapasitas produksi masing-masing negara,” jelasnya.

Untuk itu, Wapres menyampaikan terima kasih kepada sejumlah kepala daerah yang menerima “Abdi Bakti Thani 2021” karena dapat berkontribusi dalam pemenuhan kebutuhan pangan penduduk.

Pemerintah memberikan penghargaan kepada pemerintah provinsi dan kabupaten yang berhasil meningkatkan produksi pangan dan ekspor pertanian.

“Ketahanan sektor pertanian di masa krisis seperti ini tentunya tidak lepas dari kerja keras dan sinergi masyarakat pertanian serta komitmen yang kuat dari pemerintah daerah,” ujarnya.

Artikel sebelumyaTidak siap untuk kemajuan, gubernur menemukan sekolah di Klaten untuk menjadi tuan rumah PTM.
Artikel berikutnyaKasal pertimbangkan vaksin untuk masyarakat bahari di Kupang