Beranda Trending TVRI menonjol dalam lima kategori menurut survei Indeks Kualitas Program.

TVRI menonjol dalam lima kategori menurut survei Indeks Kualitas Program.

Jakarta (ANTARA) – Lembaga Penyiaran Publik Republik Indonesia (LPP TVRI) menduduki peringkat pertama dalam lima kategori segmen penyiaran antara lain berita, acara bercakap-cakap, program anak, agama, dan budaya, menurut kajian indeks mutu program televisi periode pertama tahun 2021.

Kajian ini diselenggarakan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) bekerjasama dengan 12 perguruan tinggi di Indonesia, dengan melibatkan sejumlah narasumber ahli dari 12 kota di Indonesia. Persentase responden terdiri dari 56 persen perempuan dan 46 persen laki-laki dengan tingkat pendidikan mulai dari tingkat 1 (S1) hingga tingkat 3 (S3).

Presiden dan Direktur LPP TVRI Iman Brotoseno mengatakan TVRI harus menjadi sumber informasi yang terpercaya bagi masyarakat, terutama dalam menyikapi banyaknya hoaks dan hype berita yang membingungkan di tengah pandemi COVID-19.

“TVRI harus bersikap baik rumah kliring (bersih-bersih rumah) untuk umum,” kata Iman mengutip siaran Humas LPP TVRI, Senin.

Studi ini memeriksa delapan kategori, termasuk program berita, acara bercakap-cakap, anak-anak, agama, pariwisata dan budaya, acara varietas, sistem infotainmentjuga sinetron.

TVRI menduduki peringkat pertama untuk kategori berita dengan indeks 3,52 dan pada kategori acara bercakap-cakap dengan indeks 3,60.

Pencapaian ini menunjukkan bahwa TVRI merupakan salah satu media yang dipercaya masyarakat. Hal ini juga berbanding lurus dengan hasil studi yang dilakukan Reuters Institute dan Oxford University beberapa waktu lalu, yang menyebutkan TVRI termasuk dalam tiga besar pemimpin dalam kepercayaan publik.

TVRI juga mendapat nilai tertinggi untuk kategori program anak-anak dan program religi dengan indeks masing-masing 3,78 dan 3,63. Sedangkan untuk kategori “pariwisata dan budaya” TVRI menempati urutan kedua dengan indeks sebesar 3,76.

Menurut hasil kajian TVRI, dimungkinkan untuk mencapai bahkan melampaui standar indikator yang ditetapkan KPI sebesar 3,00. Dengan kata lain, TVRI senantiasa hadir untuk menyampaikan tayangan yang mengajarkan norma kesusilaan dan kesusilaan yang didukung oleh masyarakat.

Artikel sebelumyaThe Used merilis album mewah "Kerja jantung" dan tanggal tur AS
Artikel berikutnyaATEEZ Resmi Meluncurkan Mini Album "Nol: Demam Bagian 3"