Beranda News TNI AL mendistribusikan sembako para prajurit jaga pulau terluar

TNI AL mendistribusikan sembako para prajurit jaga pulau terluar

Melaporkan semua kapal asing yang melewati atau melanggar wilayah laut.

Sorong (ANTARA) – Tim Tempur Armada III Komando TNI Angkatan Laut melakukan operasi pengamanan di perairan perbatasan timur Indonesia dan menyerahkan bantuan darurat kepada prajurit TNI dan Polri yang bertugas di Pulau Bras, Papua, pulau terjauh Indonesia di Samudera Pasifik. Laut.

Kolonel Abdul Qadir, Kepala Dinas Penerangan Komando Armada III TNI AL, Rabu di Sorong mengatakan, pengiriman barang kebutuhan prajurit di Pulau Bras dipimpin Pangdam III Korps Marinir pekan lalu. Grup, Laksamana Pertama Ratio Kunto.

Dikatakannya, kapal perang Republik Indonesia (KRI) BKO Guspurla Koarmada III yakni KRI Raden Eddy Martadinata-331 digunakan untuk mengantarkan kebutuhan pokok prajurit penjaga pulau terluar, serta untuk operasi keamanan di perairan perbatasan timur. Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu, kata dia, Komandan Gugus Tempur Armada Armada Ketiga Laksamana Pertama Retiono Cunto melakukan pertemuan persahabatan dengan prajurit TNI dan Polri yang bertugas di Pulau Bras di Papua, pulau terjauh di Samudera Pasifik.

Menurutnya, secara administratif, Pulau Bras berada di wilayah pemerintahan Supiori Kabupaten Provinsi Papua yang merupakan wilayah kerja komando III armada.

Dikatakannya, tugas utama kelompok tempur angkatan laut Coarmada III adalah menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI, khususnya di wilayah maritim yang berbatasan dengan negara asing, termasuk Pulau Bras di Papua.

Diberitakan, dalam rangka pemenuhan kebutuhan pokok, Panglima Guspurla Coarmada III berpesan kepada personel Satgas Pengamanan Pulau Luar agar selalu menjaga kesehatan, tetap semangat, menjalin hubungan baik dengan penduduk dan melaporkan setiap kapal asing yang melintasi perbatasan atau melakukan pelanggaran. . di wilayah laut.

Pulau Bras merupakan pulau paling terpencil di Indonesia yang terletak di Samudera Pasifik dan berbatasan dengan negara bagian Palau. Pulau Bras merupakan gugusan pulau Mapia yang terdiri dari lima pulau yaitu Pegun, Bra, Bra Kecil, Fanildo dan Fanildo Kecil. Ada 22 KK, dan ada 3 kepala keluarga di Pulau Pegun, sedangkan pulau-pulau lainnya tidak berpenghuni,” kata Abdul Qadir.

Artikel sebelumyaKomisi VIII DPR evaluasi solusi kuliah tatap muka dari generasi yang hilang
Artikel berikutnyaKiat untuk menerjemahkan ide ke dalam proyek pembuatan film