Beranda Warganet Sulut Rekor Rekor Harian Kasus COVID-19 Lagi

Sulut Rekor Rekor Harian Kasus COVID-19 Lagi

Hal terpenting yang perlu kita lakukan adalah bekerja sama antara pemerintah dan masyarakat untuk bahu-membahu menyelesaikan masalah ini.

Manado (ANTARA) – Provinsi Sulawesi Utara kembali mengalami rekor peningkatan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 harian, mencapai 367 kasus pada Kamis.

“Penambahan kasus harian hari ini merupakan rekor tertinggi selama pandemi di Sulut,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sulut Steven Dandel, Kamis di Manado, Sulut.

Dengan demikian, kata dia, terdapat tiga kasus peningkatan harian dalam sepekan terakhir, melebihi puncak pandemi pertama pada Januari yang tercatat 242 kasus.

“Ini mengkhawatirkan kita semua. Namun, hal terpenting yang perlu kita lakukan adalah bekerja sama antara pemerintah dan masyarakat untuk mengatasi masalah ini, ”katanya.

Pemprov Sulut yang dipandu oleh arahan Gubernur Olli Dondokambey telah melakukan upaya untuk mempersiapkan lonjakan kasus ini.

Beberapa langkah konkrit yang telah dilaksanakan antara lain pembukaan bangsal isolasi yaitu pusat pelatihan Mumbi 250 tempat tidur, pusat krisis kesehatan 30 tempat tidur dan penambahan segera asrama haji 150 tempat tidur.

Gubernur Sulut juga telah menginstruksikan bupati dan walikota untuk membuka tempat isolasi di kabupaten/kota masing-masing sebanyak 200 tempat tidur.

Rumah sakit di provinsi Sulawesi Utara telah diperintahkan 30 persen untuk mengubah beberapa tempat tidur rumah sakit reguler mereka menjadi tempat untuk merawat kasus COVID-19.

Pemasok oksigen medis dan industri di provinsi berpenduduk 2,6 juta itu telah diperintahkan untuk mewaspadai dan memprioritaskan distribusi oksigen untuk perawatan pasien COVID-19.

Meski demikian, kata dia, pemerintah juga menyadari dengan penyebaran virus yang begitu cepat, upaya tersebut akan sia-sia jika masyarakat tidak disiplin dalam mentaati pedoman pelaksanaan PPKM mikro yang telah diterbitkan.

Artikel sebelumyaKorlantas Polri perluas isolasi menjadi 1038 titik
Artikel berikutnyaDokter dan Kepala Puskesmas di Pamekasan Meninggal Karena COVID-19