Beranda Trending Sesi kedua DEWG G20 menampilkan seni wayang kulit

Sesi kedua DEWG G20 menampilkan seni wayang kulit

Jakarta (ANTARA). Pertemuan kedua Kelompok Kerja Ekonomi Digital G20 atau Digital Economy Working Group (DEWG G20) menampilkan budaya khas Yogyakarta yaitu wayang kulit di tempat pertemuan.

Tiga dalang yang memperagakan proses pembuatan wayang menarik perhatian para delegasi dan awak media. Seniman wayang kulit asal Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Abi yang hadir di lokasi menyampaikan harapannya agar para delegasi DEWG G20 sesi kedua dapat menikmati budaya dan keindahan kota Yogyakarta.

“Yogyakarta kaya akan nilai sejarah dan seni, termasuk wayang kulit. Saya harap pengunjung bisa menikmatinya,” kata Abi dikutip dari siaran pers Kominfo, Selasa.

Seperti diketahui, wayang kulit merupakan salah satu kesenian Indonesia yang terkenal hingga ke pelosok daerah bahkan hingga ke luar negeri.

Wayang kulit adalah pertunjukan dramatis dengan wayang kulit datar. Setiap boneka berbentuk seperti karakter wayang dan setiap karakter dibuat unik dengan pose dan pakaian Indonesia.

Wayang kulit dapat disebut seni tradisional karena meliputi seni seni peran, seni suara, musik, pidato, sastra, seni lukis, seni pahat, serta seni simbol.

Untuk mencegah penyebaran COVID-19, sesi kedua DEWG G20 yang diadakan di Hotel Tentrem Yogyakarta memperkenalkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Delegasi dan media pun langsung diberangkatkan untuk melakukan tes tersebut. terburu nafsu antigen sebelum memasuki ruangan. Dalam acara tersebut, instruksi kepada petugas untuk menjaga jarak juga terus disampaikan.

Sebagai informasi, G20 telah mengangkat isu digitalisasi sebagai salah satu katalis utama sumber pertumbuhan ekonomi baru sejak 2016.

Selama Kepresidenan G20 Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika memainkan peran penting dalam mengimplementasikan Streaming diskusi isu transformasi digital ekonomi oleh kelompok kerja dan kelompok interaksi yang ada.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Sekjen Komunikasi dan Informatika RI) Mira Tayiba mengatakan, Kepresidenan G20 Indonesia pada 2022 akan menampilkan berbagai inisiatif di sektor ekonomi digital untuk mendukung pembahasan substantif pada sesi kedua DEWG. .

Inisiatif tersebut, menurut Mira, ditunjukkan melalui transformasi digital Tembok Indonesia yang diprakarsai oleh anggota DEWG, kelompok kerja industri yang terdiri dari berbagai pelaku industri.

Artikulli paraprakDisney dan Pixar mengumumkan film animasi baru "unsur"
Artikulli tjetërLionsgate telah menunjuk aktor utama untuk prekuel "Permainan Kelaparan"