Beranda Nusantara Puluhan anak dilepasliarkan di pantai Senggigi

Puluhan anak dilepasliarkan di pantai Senggigi

Senggigi, Lombok Barat (ANTARA) – Perangkat desa dan masyarakat peduli lingkungan Anak Pantai untuk Perubahan (BBC) melepasliarkan puluhan ekor anak ayam di Pantai Senggigi dekat Desa Senggigi, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kepala Desa Senggigi Mastur SE mengatakan pada hari Rabu bahwa pemerintah desa mendukung kegiatan penangkaran dan konservasi penyu.

“Kami sangat senang dan mendukung penuh acara seperti ini karena bertujuan untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pantai Senggigi,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pemerintah desa sedang mempersiapkan peraturan pelestarian desa dengan bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup, Wali Desa, Bhayangkara, Aparatur Keamanan dan Ketertiban Masyarakat dan BBC.

“Kami akan menjadikan kawasan ini sebagai kawasan konservasi, yaitu cagar alam laut,” ujarnya.

Wartawan BBC Budi Riyadi mengatakan komunitasnya memelihara dan melepaskan ratusan bayi penyu ke laut dalam waktu sekitar enam bulan.

“Jadi penangkaran ini bertujuan untuk melestarikan keberadaan penyu, mengingat saat ini banyak kegiatan ilegal, seperti berburu telur penyu dan kemudian menjualnya untuk dimakan,” katanya.

Masyarakat awalnya menjalankan kegiatan konservasi penyu secara mandiri, katanya, namun dalam beberapa pekan terakhir beberapa telah memberikan sumbangan untuk mendukung kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah, kegiatan ini masih berlangsung,” katanya.

Kegiatan konservasi penyu BBC didukung oleh pemerintah desa Senggigi.

Artikel sebelumyaBMKG: Hujan ringan hampir di seluruh wilayah Indonesia
Artikel berikutnyaTingkatkan Daya Saing, Menkominfo: Pemerintah-DPR RI Sepakat Sahkan UU AAEC