Beranda Trending Produser: Film dokumenter budaya sangat penting.

Produser: Film dokumenter budaya sangat penting.

Jakarta (ANTARA) – Produser Mandy Marahimin mengatakan film dokumenter budaya sangat penting untuk mendokumentasikan budaya yang ada di masyarakat.

“Peran utama film dokumenter adalah menjadi dokumentasi. Makanya ada kutipan yang mengatakan negara tanpa film dokumenter seperti keluarga tanpa album potret keluarga,” kata Mandy di Jakarta, Senin.

Ia menambahkan, peran film dokumenter menjadi sangat penting. Sama halnya dengan film dokumenter budaya, yang memiliki “misi” untuk mendokumentasikan budaya yang ada dan menangkap (serta bukti visual) keberadaan suatu budaya.

“Bagi saya, setiap film membahas budaya, karena setiap film memiliki cerita, karakter, dan latar. Namun, jika mengacu pada sebuah film dokumenter tentang satu budaya, itu sangat tergantung pada bagaimana budaya itu dibuat. Jika Anda melakukannya dengan cara biasa, itu akan membosankan. Kalau didekati secara kreatif bisa jadi pemandangan yang menyenangkan,” ujarnya.

Aktor Nicholas Saputra menambahkan, film dokumenter bukanlah produk yang memaksimalkan keuntungan.

“Seringkali semua uang yang dikumpulkan dari sebuah film digunakan untuk membuat film itu. Setelah filmnya selesai, potensi distribusinya malah bukan potensi yang mendatangkan keuntungan besar,” kata Nicholas.

Namun, lanjut Nikolai, tidak bisa dikatakan bahwa film dokumenter tidak menarik untuk dipelajari. Inilah yang disebut banyak orang sebagai zaman keemasan film dokumenter karena maraknya platform streaming di seluruh dunia.

“Semua platform streaming membutuhkan konten dan mereka membutuhkan sebanyak mungkin jenis konten yang berbeda. Film dokumenter adalah salah satunya, ”katanya.

Nikolai menjelaskan film dokumenter tidak menguntungkan karena pemasukan terbesar dari film masih dari distribusi film. Sementara itu, banyak orang ragu untuk menonton film dokumenter di bioskop karena menganggap film dokumenter membosankan.

“Faktanya, film dokumenter itu sendiri terdiri dari berbagai jenis, bukan hanya film dokumenter panjang yang sering kita lihat di televisi. Dalam hal ini, peran platform streaming semakin meningkat. Mereka dapat mengenalkan pemirsa dengan genre dokumenter yang berbeda, ”jelas Nikolai.

Salah satu film dokumenter yang meliput budaya adalah Semes7a. Film ini diproduseri oleh Mandy Marahimin dan Nicholas Saputra. Semes7a mengudara di Netflix setelah dirilis di bioskop mulai 30 Januari hingga awal Maret 2020.

Artikel sebelumyaMusisi Bahas Perempuan Terkena HIV di Panggung MTV VMA 2021
Artikel berikutnyaThe Used merilis album mewah "Kerja jantung" dan tanggal tur AS