Beranda Nusantara Presiden: Pemerintah akan memulihkan hutan bakau di seluruh negeri

Presiden: Pemerintah akan memulihkan hutan bakau di seluruh negeri

Pada tahun 2021, kami akan merehabilitasi mangrove di seluruh tanah air.

Jakarta (ANTARA) – Presiden Joko Widodo (Jokovi) menegaskan pemerintah akan merestorasi lahan dan hutan bakau di seluruh tanah air pada 2021, karena ekosistem tumbuhan ini merupakan penyumbang utama penyerapan karbon.

Presiden Jokovi usai melakukan penanaman mangrove bersama masyarakat di Bengkalis Regensi, Riau, Selasa, mengatakan mangrove dapat menyimpan karbon 4-5 kali lebih banyak dibandingkan hutan hujan tropis di daratan, sehingga akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap penyerapan karbon. …

“Pada tahun 2021, kami akan merehabilitasi mangrove di seluruh tanah air,” tambah Presiden.

Luas lahan mangrove di Tanah Air yang akan direhabilitasi tahun ini adalah 34 ribu hektare.

Upaya restorasi mangrove menegaskan kembali komitmen Indonesia terhadap Perjanjian Paris, kata Presiden.

Perjanjian Paris memuat langkah-langkah mitigasi dan adaptasi, termasuk kebijakan pendanaan iklim yang telah disepakati oleh negara-negara di seluruh dunia sejak tahun 2015.

“(Rehabilitasi Mangrove) akan sangat berkontribusi terhadap penangkapan karbon, dan ini menegaskan komitmen kami untuk Perjanjian Paris, hingga perubahan iklim global,” ujarnya.

Presiden Jokovi berharap restorasi mangrove akan membantu memperbaiki ekosistem. Misalnya, perbaikan mangrove pesisir diharapkan dapat mengurangi abrasi air laut. Selain itu, restorasi mangrove diharapkan dapat mendukung program ekowisata sehingga sektor pariwisata di wilayah tersebut akan tumbuh.

“Dan kami berharap dapat mendukung perekonomian masyarakat sekitar,” ujarnya.

Artikel sebelumyaHu Kyung Young menawarkan 100 juta won untuk nomor telepon Squid Game
Artikel berikutnyaBPBD Brebes minta warga waspadai potensi gempa susulan