Beranda News Presiden DPR imbau masyarakat optimistis dengan pertemuan 2022

Presiden DPR imbau masyarakat optimistis dengan pertemuan 2022

Jakarta (ANTARA) – Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak masyarakat Indonesia merayakan 2022 dengan penuh semangat dan optimisme.

“Tidak terasa sudah setahun berlalu, artinya Indonesia sudah hampir dua tahun menghadapi krisis COVID-19 ini. Saya berharap masyarakat tetap optimis kita bisa cepat keluar dari pandemi ini,” kata Poin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Poin menjelaskan, Indonesia menghadapi berbagai tantangan sepanjang tahun 2021. Dia meminta masyarakat dan pembuat kebijakan untuk bekerja sama menganalisis lonjakan kasus parah COVID-19 yang terjadi pada pertengahan 2021 akibat varian Delta.

“Saat itu kondisinya cukup memprihatinkan, rumah sakit penuh sesak, masyarakat sulit mengakses layanan kesehatan, termasuk krisis oksigen dan obat-obatan. Banyak tenaga kesehatan jatuh dan jumlah korban tewas tinggi,” kata Pointe.

Ia bersyukur Indonesia mampu melewati badai dan kondisi pandemi COVID-19 saat ini jauh lebih baik. Belajar dari hal tersebut, ia menyarankan untuk terus waspada dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan agar tidak terjadi peningkatan jumlah kasus yang semakin tajam.

Ini penting, katanya, karena varian baru Corona Omicron sudah masuk ke Indonesia. Meski demikian, Poinne meminta masyarakat untuk tidak panik, namun tetap berhati-hati dan bijak dalam menjalani kehidupan sehari-hari untuk menghindari penyebaran CPVID-19.

“Pastikan Anda dan keluarga terlindungi dari COVID-19. Salah satunya adalah dukungan program vaksinasi negara. Apalagi untuk vaksinasi anak yang sekarang sedang dilakukan,” kata Poin.

Poinne mengatakan, percepatan pemulihan ekonomi dan sosial sangat ditentukan oleh kemampuan mengantisipasi penyebaran pandemi. Selain itu, dalam memperkuat imunitas dan beradaptasi dengan sistem sosial ekonomi baru, yakni dalam menghadapi ketidakpastian pandemi COVID-19.

“Dengan demikian, melalui fungsi konstitusional Dewan Perwakilan Rakyat, Republik Indonesia mengambil bagian dalam fungsi dan tanggung jawab dalam memerangi pandemi, bekerja sama dengan rakyat untuk membangun tatanan sosial dan ekonomi baru di masa pandemi COVID-19, sehingga dapat mempercepat pembangunan kembali sosial dan ekonomi negara,” kata Poin.

Sebagai bagian dari fungsi pengawasan pelaksanaan APBN 2021 terkait kebijakan fiskal, DPR RI disebut akan fokus pada penanganan pandemi COVID-19, program pemulihan sosial ekonomi nasional, dan penyelesaian Program Strategis Nasional.

Poin mengatakan, anggaran Pencegahan Pandemi dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ditujukan untuk mengatasi kesehatan, perlindungan sosial, dan dukungan bisnis.

Poigne meyakinkan DPR RI akan terus bekerja semaksimal mungkin untuk kepentingan rakyat. Ia mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi kinerja pemerintah, lembaga eksekutif, termasuk DPR, dan yudikatif.

“Selamat Tahun Baru 2022. Mari sambut tahun baru dengan semangat tinggi, Indonesia akan mampu mengatasi segala badai yang ada. Semoga di tahun yang baru kita semakin baik dan rakyat semakin sejahtera, sehingga Indonesia semakin besar. Mari kita maju bersama,” kata Poin.

Artikel sebelumyaLiterasi penataan ruang akan menjadi pelajaran dalam kebencanaan di tahun 2021
Artikel berikutnyaKhofifah tidak ada padanannya untuk menggantikan Gus Dur