Beranda News Presiden Buka Sota PLBN di Merauke Papua

Presiden Buka Sota PLBN di Merauke Papua

PLBN Terpadu Sota merupakan PLBN kedelapan yang akan dibangun di perbatasan Indonesia.

Jakarta (ANTARA) – Presiden RI Joko Widodo meresmikan Perlintasan Batas Sota (PLBN) di Merauke, Papua, pada hari kedua kunjungan kerjanya ke Papua, Minggu.

Terkait hal tersebut, Presiden menyampaikan harapan agar PLBN Sota dapat memberikan pelayanan yang baik dan nyaman bagi masyarakat yang ingin pindah ke Papua Nugini.

“Saya berharap Sota PLBN akan memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih nyaman bagi masyarakat Indonesia kita saat mereka melintasi perbatasan Indonesia ke Papua Nugini,” kata presiden dalam pidato pembukaan Sota PLBN yang disiarkan langsung melalui sekretariat presiden. Youtube.

Presiden mengatakan kawasan perbatasan merupakan serambi depan Indonesia yang mewakili wajah bangsa yang perlu dibangun lebih jauh untuk mencerminkan kemajuan Indonesia dan menginspirasi kebanggaan seluruh masyarakat.

Yokovi mengatakan bahwa selama 7 tahun terakhir, ia telah memerintahkan pemulihan PLBN di berbagai lokasi di tanah air.

“Dengan wajah baru, tampilan baru, dan yang terpenting, cara pelayanan baru yang lebih baik, yang merupakan cerminan komitmen kami membangun Indonesia dari daerah perbatasan,” ujarnya.

Presiden mengatakan PLBN Terpadu Sota merupakan PLBN kedelapan yang akan dibangun di perbatasan dengan Indonesia dan PLBN kedua yang akan dibangun di Papua setelah PLBN Skouw di Jayapur.

Presiden melihat PLBN Sota dibangun dengan konsep yang terintegrasi dan mencakup semua fasilitas, termasuk bangunan komersial, fasilitas umum, fasilitas sosial, ruang staf, tempat ibadah, pasar, jalan pejalan kaki, tempat parkir dan infrastruktur pendukung lainnya.

Presiden berharap Sota PLBN dapat meningkatkan pelayanan di kawasan perbatasan dan mendorong tumbuhnya pusat-pusat ekonomi baru serta membuat masyarakat di perbatasan semakin cinta dan bangga terhadap Indonesia.

“Berbicara bismillahirokhmanirokhim Dan dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, saya umumkan dibukanya satu pos perbatasan Sotha,” kata Presiden.

Peresmian ditandai dengan tiupan alat musik Tifa dan penandatanganan prasasti.

Peresmian juga dihadiri oleh Menko Polhukam Mahfud, Doktor Kedokteran, Menteri Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Menteri PPPR Basuki Khadimuljono, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Ketua DPR RI Poin Maharani.

Artikel sebelumyaPendirian Kampung Matara Champions di Pantai Merauke
Artikel berikutnyaMuzani ajak kader Gerindra perkuat idealisme politik