Beranda Warganet Presiden Buka RS Umum LB Moerdani Merauke

Presiden Buka RS Umum LB Moerdani Merauke

Jakarta (ANTARA) – Presiden RI Joko Widodo (Jokovi) meresmikan Rumah Sakit Umum TNI LB Moerdani di Merauke, Papua, yang diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada seluruh masyarakat, termasuk dukungan terhadap Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX.

“Pembangunan RS TNI LB Moerdani telah selesai dan siap digunakan untuk melayani masyarakat khususnya masyarakat di Merauke,” kata Presiden saat membuka live RS LB Moerdani (RS) TNI. Pantauan kanal YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Minggu.

Pelantikan juga dihadiri Ketua DPR Poin Maharani, Menteri Pertahanan Prabovo Subianto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Khadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

RS LB Moerdani, menurut presiden, dibangun dengan cepat, sekitar 20 hari. Pembangunan ultra-cepat tersebut didorong oleh rumah sakit yang semula ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pandemi COVID-19 di Merauke.

“Namun seiring dengan menurunnya jumlah kasus COVID-19, miring ini juga selain untuk mendukung pelaksanaan PON XX, ini juga akan digunakan setelah PON untuk melayani seluruh masyarakat,” ujarnya.

Menurut Presiden, RS LB Moedani memiliki semua yang dibutuhkan: ruang rawat inap, isolasi, karantina, laboratorium, unit gawat darurat (IGD), ruang operasi, radiologi, serta apotek. Menurut Presiden, pelayanan di rumah sakit ini akan cepat, mudah dan terjangkau oleh masyarakat.

“Dalam pandemi seperti ini, fasilitas kesehatan dibutuhkan di semua negara, terutama di daerah yang sulit dijangkau, agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan saat mengalami gangguan kesehatan,” kata Presiden.

“Saya menyarankan Anda untuk menggunakan rumah sakit ini dengan kemampuan terbaik Anda untuk memberikan layanan yang cepat dan nyaman kepada seluruh masyarakat,” kata Presiden Djokovi penuh harap.

Pembukaan RS LB Moerdani ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja Presiden ke Merauke, Papua, Minggu ini. Sebelumnya, Presiden meresmikan terminal baru di Bandara Mopa dan Pos Perbatasan Negara Sota di Merauke Regensi, Papua. Presiden juga berencana mengkaji ulang pengenalan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat dan pelajar di Merauke.

Artikel sebelumyaPercepat Pencapaian Target, PCS Sumbar Lakukan Vaksinasi Massal Lawan COVID-19
Artikel berikutnyaBentuk Akulturasi Budaya Papua di Vihara Arya Dharma