Beranda News Pesawat tempur F-16 TNI AU berpatroli di pulau-pulau terluar di Selat Malaka

Pesawat tempur F-16 TNI AU berpatroli di pulau-pulau terluar di Selat Malaka

Pekanbaru (ANTARA) – Pesawat tempur F-16 yang bermarkas di Skadron Penerbangan 16 Lanud Rosmin Nurjadin, Pekanbaru, melakukan patroli udara di Selat Malaka dan Selat Karimata guna memantau keadaan pulau-pulau terluar Indonesia.

“Operasi patroli udara ini dirancang untuk memberikan keamanan dan pengawasan terhadap keadaan terkini pulau-pulau terluar Indonesia bagian barat, antara lain Pulau Berhala, Pulau Batu Mandi dan Pulau Rupat, Provinsi Riau,” kata Pangdam Rosmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro. . pernyataan kepada Pekanbaru, Sabtu.

Ia mengatakan, dari observasi kondisi pulau-pulau terluar di Selat Malaka dan Karibia, kata dia, masih aman.

Andi menyebutkan seluruh anggota Skadron Udara 16, yakni pilot dan ground crew, bersiap dengan sepenuh hati untuk operasi agar hasil yang dicapai maksimal.

“Meski operasi dilakukan di masa pandemi, diharapkan para prajurit Skadron Udara 16 khususnya pilot diminta tetap semangat untuk Indonesia tercinta,” ujarnya.

“Operasi patroli udara lintas Rajawali-21 dilakukan secara terencana sepanjang tahun di bawah pengawasan Komando Operasi TNI AU I sesuai dengan misi dan tanggung jawab TNI AU,” katanya.

Dalam operasi pesawat tempur tersebut, Komandan Skadron Penerbangan 16, Letkol Andri Setiavan ST MMOAS bertindak sebagai “komandan penerbangan” dalam operasi “Lintas Rajavali-21”, dan tidak ditemukan kendala selama patroli.

Artikel sebelumyaPengembangan teknologi EBT untuk mendukung efisiensi energi perlu didorong.
Artikel berikutnyaBuaya di Sungai Mentaya di Kalimantan Tengah adalah pemandangan yang harus dilihat oleh penduduk setempat.