Beranda Hukum Pengacara menyangkal Moeldoco mempromosikan ivermectin

Pengacara menyangkal Moeldoco mempromosikan ivermectin

Moeldoco tidak pernah menjadi “bintang komersial” yang meyakinkan orang untuk menggunakan ivermectin.

Jakarta (ANTARA) – Penasihat Hukum Kepala Staf Presiden Moeldoco Otto Hasibuan membantah kliennya mempromosikan ivermectin sebagai obat COVID-19.

“Saya rasa tidak ada fakta bahwa Pak Moeldoco mempromosikan ivermectin. Itu yang orang bilang, mana buktinya Pak Moeldoco mempromosikan ivermectin?” – kata Otto Hasibuan dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Kamis.

Indonesia Corruption Watch (ICW) sebelumnya mengabarkan Moeldoko selaku Ketua Umum Himpunan Petani Indonesia (HKTI) menjalin hubungan dengan PT Noorpay Nusantara Perkasa, yakni mengadakan program pelatihan bagi petani di Thailand.

PT Noorpay dimiliki oleh Sophia Coswara, wakil presiden PT Harsen Laboratories, produsen ivermectin.

“Makanya saya minta ICW membuktikan dulu. Mengapa tampaknya untuk mempromosikan? Begitu juga dengan saya, teman-teman di Peradi, sebenarnya banyak yang selalu mencari ivermectin, setiap bertemu dengan klien mereka, yang selalu mereka bicarakan tentang Ivermectin, dan ternyata mereka benar-benar minum, kok. sembuh” kata Otto.

Otto juga mengatakan bahwa Moeldoco tidak pernah menjadi “bintang komersial” yang meyakinkan orang untuk menggunakan ivermectin.

“Ini tidak pernah terjadi. Jadi kita benar-benar perlu berbicara tentang apa kriteria untuk promosi? Jadi jangan ditautkan seperti itu kalau promosinya beda ya,” imbuh Otto.

Ivermectin adalah produk dari PT Hansen Laboratories dan PT Indofarma, kata Otto.

“Pak Moeldoco tidak ada hubungannya dengan PT Hansen, tidak memiliki hubungan hukum, bahkan Indo Farma, tidak ada, tidak memiliki saham, bukan direktur dan tidak memiliki hubungan,” kata Otto.

Dalam keterangannya, ICW juga menyatakan bahwa putri Moeldoco, Joanina Rahman, merupakan pemegang saham mayoritas PT Noorpay Nusantara Perkasa.

“PT Noorpay bukan perusahaan farmasi dan tidak berbisnis dengan ivermectin atau mengekspor beras seperti yang kita ketahui, ICW percaya PT Noorpay terlibat dalam peredaran ivermectin, meskipun benar bahwa Joanina Rahman, anak dari Bapak” Moeldoco adalah pemegang saham di PT Noorpay,” jelas Otto.

Otto percaya bahwa wajar bagi putra Moeldoco untuk berbisnis karena dia memiliki hak sipil.

“Pak Moeldooko, baik secara pribadi maupun sebagai kepala pemerintahan presiden, tidak ada hubungannya dengan PT Noorpay,” kata Otto.

Otto pun meminta ICW untuk meminta maaf secepatnya.

“Jadi, jika setiap 24 jam sekali dengan jumpa pers Hal ini kami sampaikan kepada ICW, saudara Egi tidak membuktikan tuduhannya dan tidak ingin membatalkannya, jadi jika dia tidak dapat membuktikan, tidak ingin menarik pernyataannya dan tidak ingin meminta maaf secara terbuka kepada klien kami, kami dari tentu sangat menyesal kami akan mengadukan kasus ini ke pihak berwajib,” kata Otto.

Menurut ICW, PT Harsen Laboratories dimiliki oleh pasangan suami istri Harioseno dan Rooney Adianti, yang tercatat dalam Panama Papers dan diketahui berafiliasi dengan perusahaan cangkang Unix Capital Ltd yang berbasis di British Virgin Islands.

Berdasarkan laporan konsolidasi PT Indofarma tahun 2020 tercatat bahwa Indofarma memiliki utang kepada PT Harsen Laboratories sebesar Rs8.579.991.938,00 per 30 Juni 2020, lebih besar dari tanggal 31 Maret 2019. 2019 sebesar Rs. 3.238.035.238.00.

Salah satu nama yang terkait dengan PT Harsen Laboratories adalah Sofia Koswara selaku Vice President PT Harsen dan mantan CEO B-Channel. Sofia Koswara juga merupakan Ketua Pusat Perawatan Intensif COVID-19 (FLCCC) di Indonesia.

Sejak tahun 2019, PT Noorpay Nusantara Perkasa merupakan perusahaan milik Sofia Koswara bekerja sama dengan Himpunan Tani Kerukunan Indonesia (HKTI).

Moeldoko, sebagai kepala pemerintahan presiden, juga menjadi ketua HKTI. Hubungan antara PT Noorpay Nusantara Perkasa dan HKTI terkait dengan program pelatihan petani di Thailand. Pada awal Juni, ivermectin didistribusikan ke Kabupaten Kudus melalui HKTI.

Selain itu, menurut ICW, putri Moeldoko, Joanina Rahman, merupakan pemegang saham mayoritas PT Noorpay Nusantara Perkasa.

Sementara itu, Direktur Pemasaran PT Harsen Laboratories, Riyo Christian Utomo, merupakan anggota PDI-P dan wakil ketua bidang komunikasi dan budaya DPC PDIP Tangerang Selatan.

Pada Pemilu 2014, Riyo mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Tangerang Selatan, namun kalah. Riyo kemudian bekerja sebagai ahli di Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Riyo adalah anak kandung dari anggota Fraksi PDIP DPR RI, Rybka Tzhiptaning Proletariat.

Rybka adalah Ketua Bidang Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP. Pada April 2020, ditemukan video amatir Baguna membagikan sembako dan masker yang disediakan oleh PT Harsen dan diterima oleh Rybka Tjiptaning selaku ketua PDIP Baguna.

Artikulli paraprakBKSDA Riau mengevakuasi siamang dari pasangan di Rohula
Artikulli tjetërAnggota Dewan Perwakilan Rakyat mengajak seluruh elemen bangsa untuk menyampaikan simpati kepada masyarakat yang terdampak pandemi.