Beranda Nusantara Pemkab Cilacap dan SBI Tanam Pinus Laut di Pantai Kemiren

Pemkab Cilacap dan SBI Tanam Pinus Laut di Pantai Kemiren

mari kita jaga bersama setelah mendarat

(Casuarina equisetifolia) di Pantai Kemiren untuk mengurangi dan mencegah abrasi.

“Hari ini (24/12) kita akan menanam pohon pinus bersama di pantai. Bapak-bapak dan ibu-ibu yang ada di sini berjuang untuk lingkungan,” kata choir director Chilakap Tatto, berbicara sebelum menanam tanaman di Pantai Kemiren di Chilakap. Distrik Selatan, Chicago, Jumat.

Menanam pohon di pantai berarti mencegah abrasi dan memprediksi dampak perubahan iklim, katanya.

Selain itu, menurut dia, menanam pohon berarti menanam yang baik untuk masa depan.

Diprakarsai oleh PT SBI Tbk Pabrik Cilacap (Semen Indonesia Group) bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cilacap, kampanye penanaman pinus laut di Pantai Kemiren melibatkan pelajar, masyarakat lingkungan, TNI/Polri dan pemangku kepentingan lainnya. …

Direktur Utama PT SBI Tbk Pabrik Cilacap Istifaul Amin mengatakan, pihaknya memilih cemara laut karena memiliki kemampuan menahan abrasi pantai dan gelombang tsunami.

“Mari kita bersama-sama merawatnya setelah ia ditanam agar fungsinya dapat bermanfaat,” ujarnya.

Sementara itu, Sri Murniyati, Kepala DLH Kabupaten Cilacap, mengatakan pemerintah Kabupaten Cilacap akan terus bekerja sama dengan semua pihak untuk memitigasi dampak bencana alam, terutama yang terkait dengan dampak perubahan iklim.

“Kami juga berharap tumbuhnya pinus laut akan menambah keindahan dan daya tarik Pantai Kemiren, sehingga menjadi destinasi wisata pantai favorit di Chilakapa,” ujarnya.

Pantai Kemiren yang terbentang sepanjang 2-3 kilometer kini menjadi salah satu objek wisata alam Chilakapa, sejuk dan rindang di bawah naungan pohon cemara laut yang berjajar rapi. Dengan demikian, penanaman 300 pohon cemara laut akan menambah luasan hijau di pantai Kemiren.

Penambahan vegetasi di garis pantai, selain sebagai penahan abrasi, juga merupakan upaya nyata Pemerintah Kabupaten Chilakap dan BUMN untuk memenuhi komitmen pemerintah Indonesia dalam mengurangi dampak perubahan iklim sebesar 29 persen pada tahun 2030.

Selain itu, pertumbuhan populasi pinus laut diharapkan dapat mengurangi beban pencemaran udara dan meningkatkan jumlah oksigen di udara untuk menjaga suhu bumi di bawah 2 derajat Celcius.

Artikel sebelumyaFraksi Golkar di MPR yakin Gus Yahya bisa mempererat persaudaraan
Artikel berikutnyaWapres: Organisasi Berpengalaman NU Mungkin Dianggap Kritis