Beranda Nusantara Pembatasan Pergerakan dari Jakarta Cegah Peningkatan Korban Bencana

Pembatasan Pergerakan dari Jakarta Cegah Peningkatan Korban Bencana

Menurut prakiraan BMKG, La Nina akan berlangsung hingga Maret 2022, efeknya akan menimbulkan hujan lebat di berbagai wilayah dan kemungkinan peningkatan bencana hidrometeorologi.

Jakarta (ANTARA) – Sekretaris Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Lilik Kurniavan mengatakan pembatasan pergerakan orang dari Jakarta ke wilayah lain di Indonesia harus mencegah peningkatan korban bencana.

“Karena menurut prakiraan BMKG, La Nina masih akan berlangsung hingga Maret 2022, dimana efeknya akan menimbulkan hujan lebat di berbagai daerah dan kemungkinan peningkatan bencana hidrometeorologi,” kata Lilik dalam pertemuan di Jakarta, Jumat.

Jadi, Anda perlu mengambil tindakan pencegahan. Apalagi mobilitas dari Jakarta ke daerah lain pada akhir tahun cukup tinggi, sehingga upaya pemerintah yang biasanya gagal, coba dikendalikan, katanya.

Pembatasan mobilitas yang diberlakukan pemerintah, seperti larangan pegawai ASN dan BUMN meninggalkan Jakarta/kota mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Lilik mengatakan upaya yang dilakukan BNPB antara lain mensosialisasikan ke daerah-daerah untuk mengambil tindakan proaktif terkait banjir, banjir bandang, tanah longsor, dan puting beliung.

Hal ini agar para pemangku kepentingan dan masyarakat di daerah yang berpotensi terkena bencana dapat mewaspadai bencana alam dan mempersiapkan apa yang perlu dipersiapkan di setiap daerah.

Selain itu, masyarakat juga dilibatkan dengan memberikan informasi yang terpercaya tentang daerah mana saja yang rawan bencana alam.

“Untuk daerah-daerah tertentu yang ada informasi peringatan dini, segera ikuti contingency plan yaitu rencana yang disusun sebelum bencana melanda, agar masyarakat bisa berwisata ke lokasi yang sudah ditentukan agar tidak bingung lagi. Semuanya akan aman,” kata Lilik. .

Saat ini BNPB sedang memeriksa daerah mana yang siap dan mana yang belum siap tanggap bencana.

“Kalau belum siap, kami akan dukung, karena tugas BNPB adalah memberikan dukungan di daerah. Termasuk mengirimkan peralatan ke daerah, ini yang kita lakukan untuk mengantisipasi akhir tahun,” ujarnya.

Artikel sebelumyaJalan menuju wilayah selatan Chandzhur ditutup kembali akibat longsor.
Artikel berikutnyaAHY: Demokrat siap bersinergi dengan NU dan Gus Yahya