Beranda Trending Peluang Usaha Industri Animasi di Indonesia

Peluang Usaha Industri Animasi di Indonesia

Jakarta (ANTARA). Perlu disebutkan secara khusus keberhasilan Korea Selatan dalam memajukan kinerja ekonominya dan mengubahnya menjadi negara maju yang diperhitungkan secara global untuk ekonomi kreatifnya.

Namun bukan itu saja, K-Pop bahkan telah memantapkan dirinya dengan genre tersendiri yang begitu diminati oleh generasi muda di berbagai belahan dunia. Infiltrasi mirip dengan virus menular dan menular.

Padahal, Korea Selatan sangat kuat dalam mengintegrasikan seni dan budayanya ke dalam industri kreatif yang layak untuk “dijual” dan dicintai.

Melihat kesuksesan negeri ginseng tersebut, Indonesia pada dasarnya memiliki potensi yang sama untuk mencapai level yang sama dengan Korea Selatan dalam hal ekonomi kreatif, mengingat potensi yang dimilikinya termasuk generasi muda kreatifnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meyakini wirausahawan milenial kreatif sangat mampu membantu pemerintah mengembangkan industri kreatif tanah air.

Apalagi, industri kreatif saat ini menjadi salah satu sektor yang diharapkan mampu menopang pertumbuhan ekonomi nasional, sekaligus menjadi mesin kebangkitan ekonomi yang terdampak pandemi.

Menteri Koordinator Ayrlanga percaya bahwa dunia melihat potensi pasar yang besar di Asia Tenggara dan menikmati dukungan dari populasi yang besar, serta stabilitas ekonomi dan politik. Potensi ini perlu dimanfaatkan secara optimal, termasuk dalam upaya pengembangan industri kreatif dan digital.

Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini, ada produk teknologi.”kotak ajaib“dengan nama smartphone… Tuntutan akan hiburan semakin meningkat, sehingga perlu dimanfaatkan melalui penyertaan konten kreatif. Oleh karena itu, produk virtual perlu didorong, bukan hanya produk fisik.

Ia juga menjelaskan bahwa pemerintah telah menyepakati dan memberikan sanksi terhadap upaya pengembangan ekonomi kreatif dan ekonomi digital melalui serangkaian kebijakan/regulasi.

Salah satunya adalah UU 11/2020 tentang Penciptaan Lapangan Kerja dan turunannya PP 7/2021, yang mengatur tentang penyederhanaan, perlindungan, dan pemberdayaan koperasi dan UMKM melalui penguatan inkubator kewirausahaan.

  • 1
  • 2
  • tunjukkan semua

Artikel sebelumyaBengkulu menjadi tuan rumah festival Besurek 2021
Artikel berikutnyaPoll: Gerindra menilai peningkatan jumlah pemilih tidak didukung oleh pemerintah.