Beranda Trending Nino Kayam merilis lagu untuk mendiang ayahnya, "Nikmati ketidakhadirannya"

Nino Kayam merilis lagu untuk mendiang ayahnya, "Nikmati ketidakhadirannya"

Jakarta (ANTARA) – Penyanyi sekaligus pembuat hit Nino Kayam merilis single solo baru bertajuk “Nikmati Rindunya”. Lagu yang dirilis oleh Universal Music Indonesia ini didedikasikan untuk ayahnya yang telah meninggalkan dunia pada awal Oktober 2020.

Kepergian ayahnya meninggalkan banyak kesedihan dan kesedihan mendalam bagi Nino. Single “Nikmati Rindunya” menjadi semacam eksplorasi curahan hati sekaligus derita Nino yang ditinggalkan ayahnya.

Kisah asli di balik lagu ini sebenarnya terinspirasi dari kabar duka teman-teman di sekitar Nino yang kehilangan orang yang mereka cintai. Namun, dalam perjalanannya, Nino harus kehilangan sosok ayahnya, yang akhirnya menjadi lagu yang menguatkan hatinya.

“Ketika saya mendengar banyak berita sedih dari teman, saya pikir hati saya tersentuh dan saya sangat ingin menulis lagu yang akan menguatkan hati mereka. Tapi, rupanya, segera setelah itu aku harus kehilangan ayahku. Pada akhirnya lagu yang seharusnya menguatkan hati mereka menjadi lagu yang menguatkan saya juga,” ujar Nino tentang kisah single “Nikmati Rindunya” seperti dikutip dari siaran resminya.

Kata “nikmati rindu” tidak dipilih Nino secara sembarangan. Dia mencoba untuk melihat peristiwa itu dari sisi lain, jika tidak, peristiwa itu akan kehilangan seseorang. Kata “kerinduan” menjadi metafora untuk rasa kehilangan yang tak ada habisnya.

“Selama ini, ketika kita mendengar lagu tentang kehilangan atau kepergian orang yang kita cintai, biasanya lebih seperti kesedihan jangka panjang, patah hati. Tapi aku yakin orang yang meninggalkan kita tidak ingin kita terus bersedih, jadi aku mencoba melihatnya dari sudut yang berbeda. Melihat ini seperti kerinduan yang tak ada habisnya. Makanya saya lebih suka kata “kerinduan” menjadi metafora dari rasa kehilangan,” jelas Nino.

Di bagian suara, aransemen lagu-lagunya sedih, dengan dominasi instrumen piano melodi. Dibuat dengan gaya minimalis, tidak banyak “isi”, yang tidak perlu ditekan. Suara dari bagian biola semakin menambah keindahan harmoni lagu “Nikmati Rindunya”. Dalam proses aransemennya, lagu ini juga dibantu oleh dawai Alvin Vitars dan paduan suara yang direkam langsung oleh Kamga.

Pria yang aktif sebagai penyiar radio ini mengatakan, pembuatan lagu tersebut memakan waktu beberapa jam, namun proses rekaman dan produksinya memakan waktu lama. Salah satu kendalanya adalah mencari waktu untuk merekam, karena saat itu Laleilmanino sedang mengerjakan banyak rekaman karya musisi lain.

“Sangat sulit untuk proses rekaman karena Laleilmanino masih banyak produksinya. Jadi kami merekam di antara produksi musisi lain, bukan untuk mewujudkannya,” ujar Nino tentang kiprah aktif Laleilmanino sebagai pencipta lagu dan produser, termasuk album Marion Jola.

Single “Nikmati Rindunya” juga disempurnakan dengan video musik yang disutradarai oleh Anton Ismail. Cerita tersebut menggambarkan hari ketika Nino kembali ke rumah masa kecilnya, di mana ia memiliki banyak kenangan tentang ayahnya. Di sana ia bernyanyi dikelilingi oleh foto dan video di mana almarhum ayahnya bersama Nino dan keluarganya.

“Sepertinya banyak bunga yang tumbuh di rumah yang ingin menunjukkan bahwa itu benar-benar menyedihkan, tetapi juga indah, dalam arti orang yang kita cintai sekarang berada di tempat yang lebih indah daripada kita,” jelas Nino, yang sedang dalam grup pop Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia selama beberapa tahun, 13 tahun terakhir.

Dengan lagu ini, Nino juga ingin mengajak banyak orang yang ditinggalkan orang tersayang untuk menikmati kerinduannya daripada menikmati kesedihannya sendiri. Meski kesedihan masih hadir, kesedihan dan kebahagiaan adalah anugerah dari Tuhan yang tidak bisa ditolak.

Ia ingin mengajak pendengar untuk menikmati prosesnya hingga akhirnya berdamai dengan keadaan dan belajar dari kejadian menyedihkan ini. “Tentunya akan memberikan sesuatu yang positif, meski kejadiannya negatif,” katanya.

Artikel sebelumyaGroove Armada Siap Untuk Penggemar Pesta Di Mola Chill Fridays
Artikel berikutnyaBMKG: Muncul 18 Access Point di Sumut