Beranda Warganet Nelayan Aceh Kembali dari Thailand untuk Karantina di Wisma Atlet

Nelayan Aceh Kembali dari Thailand untuk Karantina di Wisma Atlet

Banda Aceh (ANTARA) – Nelayan asal Kota Sabang, Aceh, Ade Elfikar (40) yang dipulangkan dari Thailand, tiba di Jakarta dan harus menjalani karantina COVID-19 di Wisma Atlet sebelum berangkat ke Aceh.

Nelayan Aceh itu pertama kali dikarantina di Wisma Atlet kemudian dipulangkan ke Aceh, kata Wakil Sekjen Aceh Pangdam Laot Miftah Tyut Adek di Banda Aceh, Senin.

Sebelumnya, berkat interaksi Kementerian Luar Negeri dengan pemerintah daerah Aceh dan Kementerian Kelautan dan Perikanan, nelayan Indonesia asal Aceh terjebak di perairan Phuket, Thailand, dan berhasil diselamatkan oleh otoritas setempat.

Seorang nelayan asal Kota Sabang, Aceh, tiba di Jakarta pada Jumat (23/7/2021) dan dipindahkan ke Badan Hubungan dengan Pemerintah Aceh di Jakarta.

Miftah mengatakan, setelah dikarantina, yang bersangkutan akan dipindahkan ke Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Aceh di Jakarta untuk kemudian dilakukan proses pemulangan ke tempat tinggalnya.

“Nantinya, nelayan kita akan dipulangkan langsung oleh perwakilan pemerintah Aceh yang berada di Jakarta setelah masa karantina berakhir,” kata Miftah.

Diketahui, nelayan asal Sabang, Aceh ini sebelumnya diselamatkan oleh kapal Badan Keamanan Laut (Bakamla) di zona 3 saat berlayar di kawasan Pulau Racha Selatan, Pulau Phuket, Thailand.

Seorang nelayan dari Sabang terjebak di Thailand akibat kerusakan mesin di mana piston kapal pecah dan perahu kemudian hanyut terbawa arus hingga kehilangan jejak kelompok nelayan lain, hanyut ke laut selama delapan hari untuk tiba di laut. Luas pulau Racha sekitar 25,6 N. selatan Pulau Phuket, Thailand.

Nelayan ini secara tradisional melaut dari Sabang untuk mencari ikan pada Minggu (6/6/2021), dan karena kerusakan mesin, ia berakhir di Phuket, Thailand, dan baru ditemukan pada Minggu (13/6/2021).

Artikel sebelumyaPenggunaan ruang perawatan intensif di Kabupaten Bogor mulai menurun.
Artikel berikutnyaTerbang: Orang tua harus membagi waktu anak-anak mereka dengan bermain gadget.