Beranda News MPR mendukung pengembangan UMKM melalui gerakan yang membanggakan di Indonesia.

MPR mendukung pengembangan UMKM melalui gerakan yang membanggakan di Indonesia.

Jakarta (ANTARA) – Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Syarief Hasan mendukung langkah pemerintah mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui gerakan bangga Indonesia (BBI).

“UMKM membutuhkan dukungan pemerintah untuk memproduksi dan menjualnya di dalam negeri,” kata Syarief Hasan, Wakil Ketua Kementerian Sumber Daya Alam Republik Ingushetia, dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu di Jakarta.

Syarief Hasan mengatakan, berbagai produk impor telah mengambil pangsa pasar dari produk lokal yang dihasilkan oleh anak-anak lokal. Belakangan ini serbuan barang asing semakin marak terjadi di beberapa “marketplace” atau pasar online di Indonesia.

Akibat invasi tersebut, produk lokal tergusur. Padahal hal ini bisa berujung pada punahnya produk dalam negeri, sehingga diperlukan langkah nyata untuk mendukung produk UMKM yang dihasilkan oleh anak-anak lokal.

Seorang anggota majelis tinggi Partai Demokrat juga meminta pemerintah untuk memperluas kerja sama dengan pasar bekerja di Indonesia.

“Ada banyak pasar yang bekerja di Indonesia dan bisa diajak bekerja sama serta bisa membantu di pasar dalam negeri,” ujarnya.

Pada saat yang sama, pemerintah juga didorong untuk mendukung UMKM dalam menciptakan barang dan jasa yang berkualitas. Tujuannya agar produk lokal bisa bersaing di pasar.

Selain itu, pemerintah juga harus terus menghubungkan UMKM dengan BUMN dan perusahaan swasta lainnya yang dapat membantu permodalan, manufaktur, dan pemasaran produk untuk mempromosikannya.

Kemudian, termasuk memperhatikan proses digitalisasi UMKM. Pasalnya, selama ini UMKM baru menguasai 10 persen ceruk pasar digital yang dikuasai produk asing.

Ia meyakini berbagai produk dalam negeri juga berkualitas baik, sehingga masyarakat diminta membeli produk lokal tanpa ragu.

“Kami memiliki produk lokal yang berkualitas, mulai dari kerajinan tangan hingga kuliner yang sudah tersebar di seluruh dunia dan menjadi kebanggaan Indonesia,” ujarnya.

Terakhir, politisi Demokrat itu memuji langkah pemerintah bermitra dengan Shopee Indonesia untuk memajukan UMKM melalui gerakan BBI.

“Atas nama Pimpinan MPR RI dan Partai Demokrat, saya mengapresiasi langkah pemerintah bersama pimpinan Shopee Indonesia untuk memberikan peluang seluas-luasnya kepada UMKM untuk memasarkan produknya,” ujarnya.

Artikel sebelumyaIbas salurkan BPUM untuk mendukung UMKM bergerak maju di masa pandemi
Artikel berikutnyaYoseob Highlight bersiap untuk kembali dengan album solo baru