Beranda News MPR: Arkeologi Berperan Penting dalam Kebangkitan Nilai Nasional

MPR: Arkeologi Berperan Penting dalam Kebangkitan Nilai Nasional

Jakarta (ANTARA) – Wakil Ketua MPR Lestari Murdijat mengatakan arkeologi berperan penting dalam kebangkitan nilai-nilai kebangsaan dan proses pemahaman gagasan melalui pengungkapan fakta perjalanan masa lalu bangsa.

“Peran arkeologi sangat penting karena mengungkapkan dan menunjukkan suksesi kemenangan bangsa kita di masa lalu, bahwa bangsa kita adalah bangsa yang besar,” kata Lestari Murdijat, berbicara sebagai konsultan pada konferensi Ikatan Arkeologi Indonesia tahun 2021. (IAAI) Kongres yang didedikasikan untuk penelitian dan pengembangan budaya nasional, demikian pernyataan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menurut Lestari, bangsa Indonesia saat ini sedang mengalami krisis multidimensi yang memicu berbagai perubahan di berbagai sektor, antara lain politik, ekonomi, jasa sosial, budaya, pertahanan dan keamanan.

Situasi ini, kata Reri, sapaan akrab Lestari, harus dihormati agar budaya bangsa Indonesia tidak semakin tergerus oleh perubahan yang sedang berlangsung.

“Kami menghadapi perubahan ini sebagai tantangan. Tinggal bagaimana kita, anak bangsa, tetap mencapai mufakat sebagai bangsa,” ujarnya.

Menurut Reri yang merupakan anggota DPR RI dari wilayah Jawa Tengah II, arkeologi berdasarkan catatan bapak-arkeolog Indonesia, prof. Mundarjito banyak berperan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Peran arkeologi antara lain dapat menjadi sumber pemikiran dalam pembangunan, sumber simbol budaya nasional dan dapat mewakili berbagai fakta kejayaan suatu bangsa di masa lalu.

Menurutnya, penerapan sejumlah peran tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi para arkeolog dalam hal melestarikan peninggalan budaya yang ada, baik berupa artefak maupun non-benda.

Warisan budaya, kata seorang anggota Dewan Tertinggi Partai NasDem, harus dilihat sebagai sumber daya yang dapat digunakan untuk meningkatkan harkat dan martabat bangsa Indonesia.

Menurut Roeri, pengelolaan sumber daya Indonesia harus dikelola dengan baik dan membutuhkan peran arkeologi.

Tujuannya adalah untuk menunjukkan berbagai kejayaan bangsa Indonesia di masa lalu, agar dapat menginspirasi warga untuk melakukannya lagi dan lagi di masa sekarang.

Artikel sebelumyaMenteri PPPA dan BKKBN berkomitmen untuk mengumumkan kepedulian untuk mengurangi stunting.
Artikel berikutnyaBupati Bogor Buka Kampung Jamu di Gunungputri