Beranda Warganet Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan memimpin upacara pemakaman Azyumardi Azra

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan memimpin upacara pemakaman Azyumardi Azra

Jakarta (ANTARA) – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhajir Effendi meresmikan pemakaman Ketua Dewan Pers Azumardi Azra di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa.

Pada upacara pemakaman yang berlangsung pukul 09.00 WIB itu digelar dengan gaya militer. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan bertindak sebagai inspektur upacara. Jenazah disemayamkan di blok Z nomor 426 TMP.

Sejumlah tokoh hadir dalam upacara pemakaman tersebut, seperti Wakil Presiden Republik Indonesia ke-10 dan ke-12 Yusuf Kalla, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Wakil Menteri Agama Zainut Tawhid Saadi, Imam Besar Masjid Istiklal. . Nazaruddin Umar, Ketua BNPT Boy Rafli Amar, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimukti Yudhoyono dan sejumlah tokoh lainnya.

Usai pemakaman, Muhajir mengaku telah kehilangan sosok dan sahabat hebat di bidang akademik. Pasalnya, saat keduanya menjadi rektor, Muhajir, Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dan Azyumardi, Rektor UIN Syarif Hidayatullah kerap bertukar pikiran tentang pembangunan kampus.

“Kami sangat merindukan beliau karena khazanah intelektual yang beliau ciptakan sangat penting bagi kemajuan bangsa ini, khususnya di bidang ilmu-ilmu sosial, serta kebudayaan dan ilmu keislaman,” kata Menko PMK.

Selain itu, keduanya juga aktif di Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), sehingga afinitas yang dihasilkan begitu dekat.

“Namun, ketika dia menjadi ketua Dewan Pers, kami sangat sulit bertemu karena kesibukan masing-masing,” kenang Muhajir.

Sebelumnya, Azumardi Azra meninggal di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia pada Minggu pukul 12.30 waktu setempat.

Mantan Rektor UIN Jakarta itu meninggal dunia setelah menjalani perawatan sejak Jumat (16/9) akibat gangguan kesehatan yang dialaminya saat melakukan kunjungan kerja ke Malaysia.

Artikulli paraprakSekelompok ilmuwan Tiongkok telah melestarikan citra gua dalam DNA
Artikulli tjetërTim SAR gabungan mengevakuasi korban longsor di Banyumas