Beranda News Mandalawangi Bergerak untuk Vaksinasi Komunitas di Kaki Gunung

Mandalawangi Bergerak untuk Vaksinasi Komunitas di Kaki Gunung

Jakarta (ANTARA) – Relawan pecinta alam yang tergabung dalam Mandalawangi Bergerak akan melakukan program vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat di kaki gunung.

Mobile Advisor Mandalawangi Heru Budiargo mengatakan dalam keterangannya di Jakarta, Senin, program yang didukung TNI dan Ditjen Sumber Daya Alam dan Ekosistem KLHK ini diharapkan dapat membantu memulihkan sektor ekonomi dan pariwisata di sekitarnya. daerah.

Heru Budiargo mengatakan, program vaksinasi untuk kaki bukit diharapkan dapat membantu memastikan kekebalan kelompok di daerah tersebut.

“Jika kondisi di sana aman, aktivitas sektor wisata alam bisa dilanjutkan. Sehingga berdampak positif bagi kegiatan ekonomi di sekitarnya,” kata Heru Budiargo.

Ia mengatakan sebagai gambaran, masyarakat di kaki gunung merupakan ujung tombak wisata alam pegunungan. Interaksi langsung pendaki dengan masyarakat sekitar dapat membawa risiko penyebaran virus corona dari atau ke diri mereka.

“Berdasarkan data geografis dari wisata alam pegunungan, termasuk jumlah pendaki di setiap gunung per tahun, kami berharap program ini dapat membantu mendistribusikan dan meratakan vaksinasi di daerah-daerah terpencil, termasuk masyarakat di kaki gunung ini. kata Heru.

Sementara itu, Pangdam 061/Suryakanchan Brigjen Ahmad Fawzi mengatakan, TNI akan selalu siap melaksanakan perintah penyerangan vaksin, sebagai perpanjangan tangan pemerintah.

“Dan mendukung kegiatan program vaksinasi penduduk di kaki gunung. TNI satu dengan rakyat,” ujarnya.

Dijelaskannya, Korem 061/Suryakancana telah bekerjasama dengan berbagai pihak dalam program vaksinasi di Indonesia.

Tercatat hingga Minggu 22 Agustus 2021 telah dilakukan vaksinasi 321.214 bersama Kodim di jajaran Bogor, Sukabumi dan Tsianjur, serta dengan relawan dan masyarakat sekitar.

“Korem 061/Suryakancana bekerjasama dengan Mandalawangi Bergerak akan mendistribusikan vaksin kepada 3.000 orang dalam program Semangat Serang Vaksinasi Indonesia,” kata Brigjen Ahmad Fawzi.

Ketua Mobile Mandalawangi, Rahmi Hidayati, mengatakan pihaknya saat ini sedang melaksanakan pilot project vaksinasi di kaki gunung tersebut, dengan sasaran tiga lokasi di kaki Gede Pangrango, yakni Cibodas, Salabintana dan Gunung Putri. … Sasaran vaksinasi di tiga titik tersebut adalah 3.000 orang.

Rahmi Hidayati mengatakan, dukungan vaksinasi itu diterima dari TNI, dan pendataan peserta dilakukan dengan bantuan perangkat desa dan pelestari lingkungan setempat. Sedangkan pelaksanaan di lapangan difasilitasi oleh Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

“Kami sangat mengharapkan dukungan warga sekitar dalam pelaksanaan program vaksinasi bagi masyarakat di kaki gunung. Semoga yang mendaftar, baik secara fisik maupun sehat, bisa benar-benar mendapatkan vaksinnya. Lebih penting lagi, mereka sepenuhnya sadar akan perlunya menjaga kekebalan melalui vaksinasi,” kata Rahmi.

Sebagai langkah menuju literasi dalam program vaksinasi, Rahmi meminta warga kaki gunung untuk tidak terlalu khawatir dengan kegiatan vaksinasi. Karena program vaksinasi itu suci, halal dan aman sesuai dengan pedoman pemerintah dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

“Saatnya memikirkan kesehatan untuk menghindari kematian akibat virus COVID-19. Vaksinasi diharapkan dapat menekan dan mengurangi risiko tertular virus COVID-19,” kata Rahmi.

Artikel sebelumyaSurya Palo: elite politik tetap menentukan arah pergerakan negara
Artikel berikutnyaDirut Dukcapil Tegur 10 Disdukcapil Yang Tambah Persyaratan Pengelolaan Dokumen