Beranda Trending LSM Lodaya Bangkitkan Seniman Melalui Lomba Tari Jaipong Bedog Lubuk

LSM Lodaya Bangkitkan Seniman Melalui Lomba Tari Jaipong Bedog Lubuk

Maka melalui Pasanggiri ini, kami ingin menceritakan kepada masyarakat tentang sejarah Karawang melalui seni tari.

Karawang, Jawa Barat (ANTARA) – LSM Lodaya membangkitkan semangat seniman dan budayawan di masa pandemi dengan menjamu pasangan tari Jaipong Bedog Lubuk tingkat provinsi Jawa Barat.

“Acara ini digelar secara virtual karena suasana pandemi masih berlangsung,” kata Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Lodaya Nace Permana di Karawang, Senin.

Menurutnya, masa pendaftaran lomba tari Jaipong Bedog Lubuk sudah dibuka, masa pendaftaran akan berlangsung pada 5-31 Agustus 2021.

“Sejauh ini peserta dari sanggar seni Jawa Barat sebanyak 70 peserta,” katanya.

Menurutnya, jumlah penari Jaipong Bedog Lubuk Jaipong Lubuk akan bertambah besok atau lusa di Karawang. Pasalnya, antusiasme para seniman cukup tinggi.

“Banyak dari mereka meminta untuk tidak dibatasi. Sedangkan kami yang punya satu studio bisa mengirimkan maksimal dua grup,” ujarnya.

Sedangkan bedog atau parang merupakan pusaka Karawang dan disematkan pada logo pemerintah Kabupaten Karawang, dan kini diwujudkan dalam bentuk tarian.

Tari bedog-lyubuk dibawakan oleh enam orang penari yang mengenakan kombinasi kostum dominan hijau dan emas. Gerakan tarian menggunakan parang, mewakili gerakan yang penuh gairah.

“Maka melalui Pasanggiri ini, kami ingin menceritakan kepada masyarakat tentang sejarah Karawang melalui seni tari,” ujarnya.

Artikel sebelumyaMinah Girl’s Day berbicara tentang karakternya dalam film "Semakin bertambah"
Artikel berikutnyaTuan. Jarvo merilis proyek solo "Anti Lay"