Beranda Warganet Lebih dari 100 Pekerja Migran Malaysia Tiba di NTB

Lebih dari 100 Pekerja Migran Malaysia Tiba di NTB

Mataram (ANTARA) – Sebanyak 103 pekerja migran Indonesia atau PMI asal Nusa Tenggar Barat yang sebelumnya dikarantina di Surabaya, Jawa Timur, sekembalinya dari Malaysia, tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid di Pulau Lombok, Kabupaten Lombok Tengah.

Kepala SDM dan Transmisi NTB (Disnakertrans) Yi Gede Putu Aryadi mengatakan, Senin, 103 orang adalah PMI yang pulang dari Malaysia.

Berdasarkan data tersebut, 56 PMI merupakan 147 PMI pertama yang dipulangkan dari NTB yang beroperasi di Syarikat Sim Darby, Malaysia, kembali melalui Bandara Internasional Juanda di Jawa Timur, katanya melalui telepon di Mataram.

Dia mengatakan 103 PMI berasal dari lima kabupaten NTB, di antaranya 20 dari Lombok Barat, 30 dari Lombok Tengah, 48 dari Lombok Timur, 3 dari Lombok Utara dan 2 dari Sumbawa.

Setibanya di Bandara Lombok, staf KKP memeriksa status kesehatan PMI dan menemukan mereka dapat bekerja. Selain itu, PMI yang didaftarkan oleh staf pendukung UPT BP2MI Provinsi NTB untuk kemudian pulang sendiri dengan kewajiban melapor ke kelurahan setempat setibanya di daerah asal sesuai dengan protokol pencegahan COVID-19.

“PMI menjalani pemeriksaan medis PCR dan hasilnya negatif,” katanya.

Sebelum tiba di Lombok, para PMI ini tiba di Surabaya, Jawa Timur pada 30 Juli 2021 dengan menggunakan pesawat charter Malaysia Airlines. PMI NTB adalah seorang pekerja di Sime Darby Plantation Bhd Malaysia yang telah menyelesaikan kontrak kerjanya.

Setibanya di Juanda Surabaya, PMI melanjutkan menjalani karantina di Surabaya. PMI menerima biaya tiket pulang pergi ke Lombok, yang dikeluarkan perusahaan pada saat keberangkatan ke Surabaya.

Setelah selesai proses karantina dan hasil PCR negatif, PMI akan dikembalikan ke tempat asalnya.

Artikel sebelumyaKejaksaan Agung Interogasi Sembilan Saksi Terkait Asabri
Artikel berikutnyaMenteri Johnny: Orkestrasi Komunikasi Publik Dukung Penanganan Pandemi