Beranda News Komisi V Gubernur Jambi dan DPR bahas percepatan pembangunan Ujung Jabung

Komisi V Gubernur Jambi dan DPR bahas percepatan pembangunan Ujung Jabung

Jika program pemerintah daerah layak untuk diperjuangkan, kami pasti akan memperjuangkannya.

Jambi (ANTARA) – Gubernur Jambi telah membahas percepatan pembangunan Ujung Jabung dengan Komisi V DPR, yang meliputi pembangunan pelabuhan dan akses transportasi ke pelabuhan.

“Provinsi Jambi merupakan salah satu dari tiga eksportir terbesar di Indonesia. Kami berharap akses ekspor ditingkatkan,” kata Gubernur Jambi Al Haris dalam kunjungan Komisi V DPR ke Jambi, Sabtu.

Komisi V DPR melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jambi untuk meninjau kawasan pelabuhan Ujung-Jabung, Tanjung-Jabung Timur dan akses transportasi ke pelabuhan.

Dia menjelaskan, Provinsi Jambi menghasilkan 2,6 triliun rupiah per tahun dari ekspor. Pemerintah pusat diharapkan melihat Jambi memiliki potensi ekspor yang besar, terutama untuk produk pertanian.

Keberadaan pelabuhan Ujung Jabung berkontribusi pada peningkatan ekspor pertanian dari wilayah ini. Agar pelabuhan yang berhadapan langsung dengan Laut China dapat berfungsi secara optimal, maka harus segera dibangun jembatan yang melintasi Sungai Rambut untuk menghubungkan jalur darat ke pelabuhan tersebut.

Pembangunan jembatan tidak hanya akan meningkatkan ekspor pertanian ke Jambi, tetapi juga meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Pembangunan jembatan harus terintegrasi dengan pembangunan pelabuhan Ujung Jabung. Kami berharap pemerintah mulai membangun jembatan, dan pekerjaan akan dimulai pada 2022, jika jembatan sudah ada, tentu kami ingin terintegrasi dengan pelabuhan, “kata Al-Haris.

Pemprov Jambi ingin pemerintah pusat peka terhadap perkembangan Ujung Jabung.

Al Haris mengaku siap memenuhi semua persyaratan jika Jembatan Sungai Rambut bisa segera dibangun.

Ketua Komisi DPR W. Robert Rowe mengatakan Jembatan Sungai Rambut layak diperjuangkan.

“Kami para anggota dewan ini berkumpul di sini untuk mendukung pemerintah daerah, jika program pemerintah daerah layak diperjuangkan, tentu kami akan memperjuangkannya, kami melihat bahwa program yang dijelaskan oleh gubernur sangat layak” untuk berjuang untuk kami, dan kami sepakat untuk memperjuangkannya, ”katanya.

Selain itu, pihaknya akan mempresentasikan Program Percepatan Pembangunan Ujung Jabung kepada Kementerian Perhubungan dan Kementerian NDPR. Komisi V DPR RI menginginkan pembangunan di Ujung Jabung terintegrasi.

“Tidak ada jembatan, tetapi tidak ada pelabuhan, dan sebaliknya, dan tentunya pembangunan jembatan ini khususnya akan meningkatkan perekonomian Jambi,” kata Robert Roe.

Artikel sebelumyaKorps Brimob melakukan vaksinasi besar-besaran dan pengobatan gratis di Karawang.
Artikel berikutnyaKSP Umumkan 45 Desa Wisata Di Lombok Siap Terima Wisatawan WSBK