Beranda News Komisi III DPR Seleksi Tujuh Calon Hakim Agung

Komisi III DPR Seleksi Tujuh Calon Hakim Agung

Jakarta (ANTARA) – Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry mengatakan Komisi III DPR RI telah menyeleksi sebanyak tujuh dari 11 calon hakim agung yang diajukan Komisi Yudisial (KY) untuk diajukan. dalam rapat paripurna DPR pada Selasa untuk mengambil keputusan.

“Komisi III DPR telah memenuhi salah satu kewajiban konstitusionalnya untuk menyeleksi tujuh calon hakim agung. Sebanyak tujuh calon hakim agung telah disepakati di tingkat I di Komisi III dan selanjutnya akan diajukan dalam sidang paripurna. hari ini (Selasa),” kata Herman Herry di Gedung Parlemen Komprehensif di Jakarta.

Ia mengatakan, proses seleksi calon hakim agung dilakukan secara profesional dan transparan dengan tujuan agar calon yang terpilih kredibel dan teliti.

Menurut dia, Komisi III DPR RI pada Senin (20/9) menggelar proses penyaringan calon hakim agung yang transparan dan bisa menjadi saksi seluruh rakyat Indonesia.

“Hasil ini merupakan kesepakatan seluruh fraksi di Komisi III DPR. Setiap fraksi memiliki hak yang sama dalam menyetujui atau menolak calon hakim agung,” ujarnya.

Dikatakannya, setiap fraksi memiliki penilaian tersendiri dalam menilai setiap calon hakim agung, namun Komisi III DPR sepakat bahwa proses uji tuntas perlu fokus pada tiga aspek, yakni pemahaman calon terhadap tanggung jawab dan fungsi Mahkamah Agung. keadilan, kejujuran, dan rekam jejak kandidat.

Herman berharap para calon Hakim Agung yang terpilih dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan menjaga rasa keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Komisi III mengucapkan selamat kepada para hakim agung yang terpilih. Sebagai hakim agung, saya berharap beliau selalu menjadi benteng dalam mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

Berikut calon hakim agung yang disepakati di tingkat I di Komisi III DPR dan selanjutnya akan disampaikan dalam rapat paripurna:

1. H. Dviarso Budi Santiarto, SH, M.Hum. (Sebagai calon hakim Mahkamah Agung Kamar Pidana)

2. Jupriyadi, SH, M.Hum. (Sebagai calon hakim Mahkamah Agung Kamar Pidana)

3. Dokter. Prim Haryadi, SH, MH (sebagai calon hakim Mahkamah Agung pada Kamar Pidana)

4. Suharto, SH, M.Hum. (Sebagai calon hakim Mahkamah Agung Kamar Pidana)

5. Johannes Priyana, SH, MH (sebagai calon hakim Mahkamah Agung Kamar Perkara Pidana)

6. Dokter. H. Hasvandir, S.Kh., M.Hum., M.M. sebagai calon Mahkamah Agung Kamar Perdata)

7. Brigadir Jenderal Dr. Tama Ulinta Br Tarigan, SH, M.Kn. (Sebagai calon hakim kamar militer

Artikel sebelumyaSebuah helikopter dari Penerbad mengevakuasi tubuh seorang pekerja medis Gabriela dari Kivirok
Artikel berikutnyaAlumni Akabri 98 divaksinasi COVID-19 untuk siswa di Banyumas