Beranda News KNPI akan mengadakan konvensi bersama

KNPI akan mengadakan konvensi bersama

Jakarta (ANTARA) –

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) akan menggelar Kongres Gabungan pada tahun 2021 untuk mempertemukan pimpinan KNPI yang pernah terpecah.
Tiga kubu KNPI yakni Ketua Umum Kongres XVI NTB di Lombok Raden Andreas Vardhana, Pj Ketua Umum KNPI Kubu Mustahuddin dan Ketua Umum KNPI Kubu Noer Faireansah sepakat menggelar rekonsiliasi dan menyelenggarakan kongres bersama.
Mustakhudin, dalam siaran persnya di Jakarta, Senin, mengatakan pihaknya menjaga persahabatan dengan Ketum Andreas dan berkomitmen untuk menyatukan KNPI.
Disebutkannya, dalam waktu dekat akan digelar National Rapporteur dan Joint Convention dalam rangka komitmen bersama “Pemuda 1 KNPI 1”.
“Kita semua menginginkan satu kongres, tentu saja, dengan satu ketua. Forum akan diputuskan dalam kongres,” kata Mustakhudin.

Raden Andreas Nandivardhana, Ketua Kongres XVI KNPI Lombok NTB, mengatakan Hari Pemuda pada 28 Oktober 2021 merupakan momen untuk menyatukan pemuda menjadi satu forum KNPI yang kompak.
“Memang hari ini kita akan membahas isu-isu strategis. Dimana nanti, pada tanggal 28 Oktober, dalam rangka bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, kami membuat komitmen untuk menyatukan pemuda, untuk bekerja sama. Tidak akan ada lagi perpecahan,” ujarnya.

Andreas juga berencana merenovasi gedung KNPI yang selama ini terlihat terbengkalai dan tidak terawat.

“Kami akan melakukan perbaikan, kami akan mulai membersihkan gedung KNPI, sehingga menunjukkan semua keindahan gedung ini. Besok atau lusa, kami akan langsung mendatangkan tukang untuk memperbaiki gedung KNPI,” ujarnya.
Terkait kongres bersama, Andreas berharap KNPI tetap utuh dan menjadi satu sebagai ikon pemuda.

“Memang kita berharap ada joint convention yang diadakan bersama. Seperti dalam semangat Sumpah Pemuda. Ini adalah cara terakhir untuk membuktikan bahwa kita telah menjadi satu unit bisnis KNPI,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua KNPI Kubu Noer Fajriyansyah menambahkan pembahasan penyatuan beberapa kubu KNPI akan segera dilaksanakan dengan komitmen bersama.
“Ini komitmen kita bertiga, alhamdulillah, hari ini dengan upaya awal, Ketua Umum Andreas telah mengembangkan visi, dan unifikasi adalah komitmen dan kita harus bergegas,” katanya.
Noer Fajriansiah memiliki kewajiban yang sama untuk segera berkonsolidasi di Majelis Nasional untuk konvensi bersama.

Ia berharap, OKP yang masih belum mau bersatu, melepaskan egonya untuk mewujudkan organisasi pemuda yang solid.

“Semua orang yang namanya manusia pasti ada niat baik, makanya kita masih menunggu itikad baik dari teman-teman kita yang mengatasnamakan KNPI di luar kita, agar cepat bersatu, jadi kalau ada itikad baik insya Allah , dalam waktu dekat akan dilaksanakan,” ujarnya.
Ketiga tokoh pemuda itu sepakat ingin mengangkat KNPI sebagai wadah pemuda yang solid.
“Kami bertiga sepakat untuk menggabungkan KNPI. Jadi jika ada kelompok yang mengatasnamakan KNPI, tetapi tidak mau bersatu, berarti mereka ingin membuat organisasi kepemudaan ini untuk kepentingan pribadi. Tapi kami bertiga sepakat untuk rela berkorban demi KNPI,” kata Fajri.

Artikel sebelumyaAkademik: Pernikahan sirih dicatat di kartu keluarga sebagai bentuk perlindungan warga negara.
Artikel berikutnyaMenteri Dalam Negeri: negara menjamin persamaan hak bagi penyandang disabilitas.