Beranda Nusantara KLHK: Pengelolaan hutan di APL harus mengutamakan perlindungan

KLHK: Pengelolaan hutan di APL harus mengutamakan perlindungan

Jakarta (ANTARA) – Direktur Jenderal Kehutanan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Rwanda Agung Sugardiman menegaskan, pengelolaan hutan penggunaan lain (APL) harus mengutamakan upaya lingkungan.

Kapal selam adalah kawasan di luar dana kehutanan negara yang diperuntukkan bagi kegiatan pembangunan di luar sektor kehutanan.

“Hutan APL selain berfungsi sebagai penyangga habitat masyarakat sekitar, juga dapat menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat setempat. Oleh karena itu, hutan di APL perlu dikelola secara bijak dengan mengutamakan lingkungan daripada pertambangan,” kata Rwanda dalam diskusi virtual proyek KalFor yang diikuti Jakarta pada Selasa.

“Pengelolaan hutan di APL sangat penting sebagai bagian dari memastikan cakupan yang memadai di satu provinsi, sebagaimana diamanatkan oleh UU 11 Tahun 2020 tentang penciptaan lapangan kerja,” jelasnya.

Menurut KLHK, luas hutan Indonesia sekitar 120 juta hektar, atau sekitar 64 persen dari total luas daratan.

Kapal selam nuklir menempati area seluas 67,5 juta hektar, di mana sekitar 7,1 juta hektar termasuk dalam kategori hutan, suatu kesatuan ekosistem berupa ruang yang mengandung sumber daya alam hayati, yang di antaranya didominasi pepohonan.

Rwanda mengatakan pengelolaan hutan APL harus mencakup upaya untuk melindungi lingkungan.

Dia mencontohkan: Pemprov Kalbar telah memprakarsai peraturan daerah yang mewajibkan alokasi tujuh persen kawasan hutan untuk perusahaan lahan untuk memastikan bahwa tindakan perlindungan diambil di perusahaan pengelolaan hutan.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, melalui proyek KalFor, membantu memfasilitasi penerbitan empat SK Gubernur terkait pelaksanaan peraturan tersebut.

Artikel sebelumyaKonser musik bisa diadakan, Rian D’Masiv: Ini yang ditunggu-tunggu
Artikel berikutnyaRian D’Masiv: Adegan tanpa penonton – seperti sayuran tanpa garam