Beranda News KIP Lhoxeumawe menunggu instruksi KPU terkait verifikasi parpol

KIP Lhoxeumawe menunggu instruksi KPU terkait verifikasi parpol

“Kami masih menunggu hasil instruksi KPU RI dan KKR Aceh terkait verifikasi parpol yang terdaftar sebagai calon pada pemilihan umum 2024,” kata T. Marbawi.

Banda Aceh (ANTARA) – Komisi Pemilihan Umum Independen (KPI) Lhokseumawe, Aceh, masih menunggu instruksi dari Komisi Pemilihan Umum Pusat (KPU) terkait penyaringan parpol sebagai calon peserta pemilu 2024.

T. Marbawi, Kepala Bagian Teknis Pemilihan KIP Kota Lhoksemawa, Selasa, mengatakan peninjauan itu mencakup hal-hal administratif dan faktual.

“Kami masih menunggu hasil instruksi KPU RI dan KKR Aceh terkait verifikasi parpol yang terdaftar sebagai calon pada pemilihan umum 2024,” kata T. Marbawi.

Menurut T. Marbawi, penyelenggara pilkada tingkat kabupaten-kota, KKR Lhokseumawe memiliki tugas pengecekan fakta, tujuannya untuk memverifikasi keaslian dokumen yang diajukan oleh partai politik.

Dokumen yang disampaikan melalui akun sistem informasi parpol (sipol) itu memuat pimpinan, jabatan, dan keanggotaan parpol di wilayah kota Lhoksemawe.

“Dokumen ini, yang nanti akan kami verifikasi, adalah benar dan tepat, sebagaimana ditunjukkan oleh parpol dalam KUHPerdata. Hasil verifikasi dokumen tersebut selanjutnya akan disampaikan kepada KKR Aceh dan CPU Indonesia,” kata T. Marbawi.

T. Marbavi mengatakan, saat ini pendaftaran partai politik sebagai calon peserta pemilu sudah memasuki tahap pra-pemilihan. Pendaftaran partai politik sebagai calon peserta pemilihan umum berlangsung hingga 14 Agustus 2022.

“Pemilu 2024 akan berlangsung serentak antara pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden. Pemungutan suara dalam pemilu dijadwalkan 14 Februari 2024,” kata T. Marbavi.

Artikulli paraprak700 rumah di sepanjang Pantai Tiku Agam terancam abrasi
Artikulli tjetërZiarah ke mata air rakyat sebelum masuk ke kotak suara