Beranda News Ketua MPR yakin OU akan semakin solid di bawah kepemimpinan Gus Yahya.

Ketua MPR yakin OU akan semakin solid di bawah kepemimpinan Gus Yahya.

Jakarta (ANTARA) – Ketua MPR RI Bambang Soesatio meyakini Nahdlatul Ulama (Ulama) semakin kokoh di bawah kepemimpinan KH Yahya Cholil Stakuf karena pengalaman dan reputasinya di Dahuah, organisasi, dan kenegaraan. …

“Rekam jejak KH Yahya Cholil Stakuf tidak perlu diragukan lagi. Ia adalah anak (alm) KH Cholil Bisri, wali Ponpes Raudlatut Talibin Rembang. KH Yahya Cholil Stakuf juga murid (alm) KH. Ali Maksuma di Krapyaka, Yogyakarta,” kata Bambang Soesatyo dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Dijelaskannya, dalam kenegaraan Gus Yahya ia merupakan wakil dari Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Karena itu, kata dia, tidak heran jika Gus Yahya mewarisi semangat toleransi dan pluralisme Gus Dur.

“Sebagai ormas Islam terbesar di dunia, dengan 79 juta anggota, NU tidak hanya menjadi kekuatan sosial bagi masyarakat Indonesia dalam menjaga persatuan dan kesatuan. NU selalu menjadi kekuatan sosial global dalam persepsi Islam, yaitu tasamukh. (Toleransi), tawazun (seimbang) kerukunan), tawassut (moderasi), dan taadul (keadilan),” ujarnya.

Dijelaskannya, dalam situasi global yang masih menghadirkan terorisme, OU menjadi “benteng” pertahanan dunia, karena selalu tegas menolak terorisme.

Menurutnya, NU selalu memerangi aksi teroris yang mengatasnamakan agama dan organisasi apapun.

“OU tidak pernah memberikan kesempatan untuk pemahaman radikal, tetapi pada saat yang sama, selalu mendidik masyarakat bahwa tindakan teroris tidak dibenarkan atas nama agama,” katanya.

Bamso memperkirakan salah satu tantangan terbesar yang harus dijawab NU adalah bagaimana menggaet anak muda dan warga kota. Menurutnya, hal ini agar basis NU tidak hanya hadir di berbagai desa, tetapi juga bisa merambah ke “jantung” perkotaan.

Artikel sebelumyaHingga Jumat, 109.955.752 orang telah divaksinasi penuh terhadap COVID-19.
Artikel berikutnyaPatroli Besar Forkopimda Sumut Amankan Malam Natal