Beranda News Ketua DPR mengingatkan pemerintah tentang penyebaran vaksinasi terhadap COVID-19

Ketua DPR mengingatkan pemerintah tentang penyebaran vaksinasi terhadap COVID-19

Jakarta (ANTARA) – Ketua DPR RI Poin Maharani mengingatkan pemerintah agar percepatan vaksinasi COVID-19 dilakukan secara merata di seluruh tanah air, karena stok vaksin saat ini diyakini terkonsentrasi di pulau-pulau. Jawa dan Bali.

“Vaksinasi COVID-19 yang adil dapat membantu pemerintah mengendalikan peningkatan kasus positif COVID-19 yang kini mulai bermunculan di luar Jawa dan Bali,” kata Poin mengutip keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

“Pencegahan harus dioptimalkan, termasuk sosialisasi dan vaksinasi. Jangan menunggu korban dan pelayanan medis kembali terburu-buru akibat COVID-19,” kata Pointe.

Karena itu, dia meminta pemerintah memastikan stok vaksin COVID-19 merata di seluruh tanah air, dan tidak hanya terkonsentrasi di Jawa dan Bali.

“Kemarin fokusnya di Jawa Bali, karena kasusnya banyak. Sekarang Presiden mengatakan bahwa data kasus di Jawa dan Bali terus berubah. Fokusnya harus diperluas di luar dua pulau itu,” kata Poinne.

Dia berpendapat bahwa jika tujuan vaksinasi cepat tercapai, risiko infeksi dan jumlah kematian dapat dikendalikan. Jika situasi terkendali, maka pemulihan ekonomi dapat segera dilakukan.

Tak hanya memastikan stok vaksin terdistribusi secara merata, Poin juga meminta pemerintah mengkaji kembali data kesiapan dan kapasitas pelayanan kesehatan di luar Jawa Bali, termasuk obat-obatan, fasilitas kesehatan, dan jumlah tenaga kesehatan.

“Jangan menunggu jumlah kasus bertambah dulu. Jangan menunggu dulu kekurangan tempat dan tenaga medis (paramedis),” kata Pointe Maharani.

Poigne menghargai bahwa orang-orang bersabar dan berjuang selama berbagai pembatasan. Jangan sampai tren kasus miring yang terpantau di Jawa dan Bali hanya menunjukkan pergeseran tempat pengobatan ke daerah yang kondisi penyedia layanan kesehatan dan tenaga kesehatannya lebih menantang.

Artikel sebelumyaBuaya di Sungai Mentaya di Kalimantan Tengah adalah pemandangan yang harus dilihat oleh penduduk setempat.
Artikel berikutnyaHujan pasir akibat erupsi Gunung Ili Levotolok terjadi di lima desa