Beranda News Ketua DPD RI meminta masyarakat tetap mengikuti aturan perpanjangan PPKM.

Ketua DPD RI meminta masyarakat tetap mengikuti aturan perpanjangan PPKM.

Semoga perluasan PPKM ini akan membuat penurunan kasus semakin signifikan dari hari ke hari.

Surabaya (ANTARA) – Ketua Dewan Perwakilan Daerah Indonesia (DPD) A.A. La Nyala Mahmoud Mattalitti meminta masyarakat tetap mengikuti aturan meski pemerintah memutuskan untuk memperpanjang Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 & 4.

“Saya mengerti itu sulit. Karena membatasi mobilitas orang, yang tentunya berdampak pada sejumlah sektor perekonomian. Meski begitu, saya berharap masyarakat tetap mematuhi kebijakan ini karena PPKM akan membantu menekan peningkatan kasus COVID-19,” kata La Nyalla di sela-sela rehat di Moiokerto, Jawa Timur, Senin.

Perluasan PPKM Level 4 dan Level 3 berlaku mulai 26 Juli 2021 hingga 2 Agustus 2021 untuk wilayah Jawa Bali dan sejumlah wilayah non Jawa Bali lainnya.

Senator asal Jawa Timur itu menambahkan, berdasarkan data pemerintah, tren penurunan jumlah kasus COVID-19 sudah dimulai, yang artinya kebijakan PPKM sudah berjalan dengan baik.

“Harapan saya dengan perluasan PPKM, penurunan kasus semakin signifikan setiap harinya,” ujar mantan Ketua Umum Kadin Jatim itu.

Pelaksanaan PPKM level 4 dan 3 dinilai berdasarkan tiga faktor yaitu tingkat penularan kasus, respon sistem kesehatan berdasarkan pedoman WHO dan indikator status sosial ekonomi masyarakat.

Mantan Ketua Umum PSSI itu meyakini, pembaruan PPKM tidak akan terlalu memberatkan masyarakat karena pemerintah secara bertahap mulai menyesuaikan berbagai pembatasan.

PPKM level 4 paling ketat, kemudian PPKM level 3 cukup longgar dan PPKM level 2 disebut sementara.

Meski PPKM diubah, La Nyala mengingatkan masyarakat untuk tetap patuh pada protokol kesehatan, termasuk kegiatan keagamaan.

Sementara itu, daerah-daerah yang melaksanakan PPKM Level 1 dapat memulai kehidupan normal baru, sehingga diperlukan upaya bersama agar seluruh wilayah Indonesia dapat segera berada dalam keadaan ini secara merata.

Artikel sebelumyaDirektur Reserse Kriminal dan delapan Kapolda Lampunga dipindahkan.
Artikel berikutnyaKalsel mulai implementasi PPKM level 3-4