Beranda Nusantara Kerjasama semua pihak sangat penting untuk pemulihan lingkungan

Kerjasama semua pihak sangat penting untuk pemulihan lingkungan

Jakarta (ANTARA) – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kota Nurbaya menekankan pentingnya bekerja sama dan melibatkan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat, termasuk generasi muda, dalam upaya rehabilitasi lingkungan.

“Yang terpenting saat ini adalah bagaimana kita bersama-sama memutuskan, membantu, bekerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah untuk merehabilitasi lingkungan,” kata Menteri LHK City Nurbaya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Hal itu disampaikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Bali pada Minggu (19 Desember), mempelopori gerakan penanaman serentak di 34 provinsi yang disebut Penanaman Pemuda.

Kegiatan menabur simultan bertujuan untuk mempromosikan pemuda sebagai bukti kerja lapangan inklusif kolaboratif dan untuk membangun kesadaran kolektif penuh restorasi lingkungan. Acara yang dihadiri sekitar 10 ribu pemuda dari seluruh provinsi di Indonesia ini, sebanyak 86 ribu bibit pohon telah ditanam.

Pada kesempatan ini, Pemprov DKI menyampaikan rasa syukurnya karena generasi muda seperti Green Leaders of Indonesia (GLI) dapat menginisiasi kegiatan penanaman di seluruh Indonesia.

Ia mencontohkan Upaya Pengelolaan Sumber Daya Alam (UPSA) yang dilakukan di lokasi penanaman di Desa Datah, Regensi Karangasem, Bali sebagai salah satu kegiatan konservasi tanah dan air terpadu pada sebidang tanah yang digunakan sebagai situs untuk mendemonstrasikan teknik konservasi tanah. dan air.

Selain itu, dalam skala yang lebih luas, UPSA juga dimaknai sebagai bentuk mitigasi bencana yang konkrit, terutama dalam menyikapi isu perubahan iklim, termasuk bencana hidrometeorologi.

Menko berharap dengan lahirnya GLI, mereka mampu memahami praktik pengelolaan alam melalui UPSA dengan dasar-dasar keilmuan. Selain itu, diperlukan langkah-langkah yang sistematis dan terukur.

“Kami tahu ada cara untuk mengelola alam dengan baik, dan kami harus bekerja dengan cara itu,” kata City.

Artikel sebelumyaBMKG: 75 gempa terjadi di Sorong per hari
Artikel berikutnyaBBKSDA Papua melepasliarkan empat burung endemik Papua