Beranda Warganet Kemensos segera mendistribusikan BST untuk mencegah akibat darurat PMKMKM.

Kemensos segera mendistribusikan BST untuk mencegah akibat darurat PMKMKM.

BST akan tayang pada bulan Mei dan Juni, sebelumnya tidak terlihat pada bulan April.

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Sosial segera menyalurkan Uang Jaminan Sosial (BST) untuk mengantisipasi dampak Pembatasan Darurat Kegiatan Umum (PPKM) pada 3-20 Juli 2021.

“BST akan didistribusikan pada Mei dan Juni setelah dihentikan pada April. Kami berharap bansos bisa tersalurkan minggu ini atau berikutnya,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

BST sebesar 300 ribu rupiah per bulan akan diterbitkan pada awal bulan, dan Mei-Juni – segera sebesar 600 ribu rupiah.

Bantuan ditargetkan 10 juta penerima, 18,8 juta penerima BPNT, dan 10 juta penerima Keluarga Harapan (PKH).

Penyaluran BST akan tetap berjalan seperti sebelumnya yaitu melalui kantor pos, dan untuk BPNT dan PKH melalui jaringan Himpunan Bank-Bank Negara (Himbara).

“Jadi, saya harapkan paling lambat minggu kedua bulan ini sudah bisa dilaksanakan, dan kami akan berusaha mendistribusikan semuanya ke warga,” ujarnya.

Menurut Mensos, semua data terkait penerima BST sudah clear, meski ada 3,6 juta masalah karena nama-nama yang tertera di data bank tidak sesuai dengan data Kemensos yang sama. nomor pokok penduduk (NIK).

“Tadi rapat semua clear, data stuck,” kata Risma. Ia juga berharap bantuan yang diberikan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar.

Untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat miskin yang terdampak pandemi COVID-19, Kementerian Sosial mendapat tambahan anggaran selama dua bulan, yakni mulai Mei hingga Juni, maksimal Rp 2,3 triliun.

Terkait pengawasan penggunaan dana bansos, salah satunya adalah melalui penerimaan pengeluaran para penerimanya, baik digunakan untuk kebutuhan pokok atau keperluan lain.

Artikel sebelumyaPolisi mengungkap ratusan juta pencurian ATM di Bali
Artikel berikutnyaPPKM Darurat diterjunkan di 36 wilayah Jawa Timur