Beranda Warganet Kemendes PDTT bermitra dengan ANRI untuk memperkuat arsip di desa

Kemendes PDTT bermitra dengan ANRI untuk memperkuat arsip di desa

Penguatan arsip di desa penting dilakukan untuk mendokumentasikan berbagai kegiatan di desa sehingga dapat menjadi dasar bagi kebijakan ke depan.

Jakarta (ANTARA) –

Kementerian Pertanian, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Pemukiman Kembali (Kemendes PDTT) bekerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) untuk memperkuat arsip di tingkat desa.
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar di Jakarta, Rabu, mengatakan penguatan arsip di desa penting untuk mendokumentasikan berbagai kegiatan di desa sehingga dapat menjadi dasar kebijakan ke depan.
“Ini bukan hanya masalah administrasi. Tapi juga masalah budaya, adat dan masih banyak lagi agar kearifan lokal bisa dilestarikan. Makanya kami butuh bantuan kami di desa ini agar berbagai hal bisa terdokumentasi dengan baik,” ujarnya usai mengkoordinir arsip. Pertemuan di Kementerian Desa.
Menurutnya, salah satu tujuan utama Kemendes PDTT adalah membangun desa, bertahan dan membangun akar budayanya, sesuai dengan tujuan SDG desa ke-18, yaitu: kelembagaan desa yang dinamis dan budaya desa yang adaptif.
“Semua budaya di desa harus didukung dan jika perlu dikembangkan. Kami akan bekerja sama dengan ANRI untuk memperkuat arsip di tingkat desa,” kata Gus Halim, panggilan akrabnya.
Menurutnya, ada dua hal yang sangat penting di kementerian dan lembaga di bidang pemerintahan, yaitu data dan arsip, karena data dan arsip menentukan arah tindakan kementerian/lembaga.
“Kalau datanya salah, kebijakannya pasti salah. Jika arsipnya buruk, dokumennya pasti tidak terorganisir dengan baik. Kemudian kita tidak akan bisa melihat kembali apa yang berhasil dan apa yang dibutuhkan,” ujarnya.

Artikel sebelumyaMahfood mengumpulkan banyak ulasan selama kunjungannya ke perbatasan Natuna.
Artikel berikutnyaAnggota DPR RI berharap revisi UU ITE bisa menghilangkan klausul multitafsir.