Beranda News Kemarin, DPR menuju Kementerian Perkeretaapian 2022 sebelum penguatan LPSK.

Kemarin, DPR menuju Kementerian Perkeretaapian 2022 sebelum penguatan LPSK.

Jakarta (ANTARA) – Berbagai perkembangan politik terjadi di Indonesia pada Rabu (9/8), diawali dengan kesiapan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menjadi tuan rumah Sidang Umum Persatuan Antar-Parlemen (IPU). ) pada tahun 2022 terhadap rencana penguatan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Berikut lima berita politik menarik yang ditangani ANTARA:

1. Ibu menginformasikan kesiapan DPR untuk menyelenggarakan Sidang Umum IPU tahun 2022.

Ketua DPR RI Poin Maharani mengatakan, DPR RI siap menjadi tuan rumah Sidang Umum Persatuan Antar-Parlemen (IPU) pada 2022.

Pernyataan kesiapan tersebut diresmikan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara DPR RI dengan Kementerian Perkeretaapian.

Baca lebih lanjut di sini.

2. LPSK mengusulkan penguatan kewenangan lembaga dengan mengamandemen UU 31/2014.

Kepala Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Hasto Atmoho Suroyo, mengusulkan revisi Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2014 tentang Perlindungan Saksi dan Korban untuk memperkuat kewenangan lembaga tersebut.

“Dalam rangka penguatan kewenangan lembaga LPSK, hal ini dapat dilakukan dengan melakukan amandemen (revisi) Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2014 tentang Perlindungan Saksi dan Korban,” kata Hasto dalam rapat Komisi Dengar Pendapat (RDP) III. DPR RI, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.

Baca lebih lanjut di sini.

3. Komisi III: Kewenangan LPSK bisa diperluas, tapi harus hati-hati.

Komisi III DPR Herman Herry mengatakan boleh saja memperluas kewenangan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), tetapi harus dikelola dengan hati-hati.

“Kewenangan LPSK bisa saja dialihkan, tetapi ini harus ditangani dengan sangat hati-hati,” kata Herman dalam rapat Komisi III DNR RI dengan pimpinan LPSK di gedung DNR RI di Jakarta, Rabu.

Baca lebih lanjut di sini.

4. Ketua MNR: Kebakaran di penjara adalah “alarm” yang perlu diperbaiki.

Ketua MNR RI Bambang Soesatyo menilai kebakaran di Lapas kelas 1 Tangerang, Banten, Rabu dini hari (9/8), merupakan “wake-up call” bagi pemerintah untuk membenahi pengelolaan lapas. di berbagai daerah di mana kelebihan daya telah terjadi.

Menurut dia, berdasarkan data Ditjen Perhubungan, Lapas Kelas 1 Tangerang kelebihan kapasitas dari yang seharusnya hanya 600 orang, tetapi menampung sekitar 2.072 narapidana, sehingga kelebihan daya tampungnya mencapai 245 persen. . …

Baca lebih lanjut di sini.

5. Peneliti CSPS: Partai politik belum menentukan posisinya di koalisi 2024.

Partai-partai politik di Indonesia masih ragu-ragu tentang posisinya dan telah membahas kemungkinan pembentukan koalisi pada pemilihan umum 2024, Marlon S. Kansil, peneliti di Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Universitas Indonesia, mengatakan dalam Jakarta pada Rabu.

Menurut riset Marlon di berbagai media sosial pekan lalu, parpol Indonesia masih memperdebatkan isu, program, dan kebijakan internal partai.

Baca lebih lanjut di sini.

Artikel sebelumyaPresiden didampingi Ibu Negara melakukan perjalanan ke Sulawesi Selatan untuk memeriksakan vaksinasi.
Artikel berikutnyaPembatalan Persyaratan Kartu Vaksin Administratif Dapat Meningkatkan COVID-19