Beranda News Kasau: Latihan Dirgantara Yudha 2021 Uji Profesionalisme Prajurit

Kasau: Latihan Dirgantara Yudha 2021 Uji Profesionalisme Prajurit

Kami terus mengevaluasi doktrin prajurit TNI AU yang melakukan latihan. Selain itu, ada baiknya melihat kesiapan tempur unit selama latihan.

Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Udara Fajar Praseto mengatakan latihan Angkas Yuda pada tahun 2021 bertujuan untuk menguji TNI Angkatan Udara dalam meningkatkan profesionalisme prajurit dalam mempertahankan kedaulatan udara Negara Kesatuan Republik Indonesia. Republik Indonesia.

“Kami terus mengevaluasi doktrin prajurit TNI AU yang melakukan latihan. Selain itu, latihan harus melihat kesiapan satuan,” ujarnya saat menghadiri latihan puncak TNI AU Angkasa Yudha 2021 di Airborne Weapons Range (AWR), Desa Pandan Wangi, Kecamatan Tempe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu.

Latihan tersebut diikuti oleh 1.579 orang, antara lain 202 personel latih dan komando serta 1.377 pelajar, serta 52 pesawat tempur yang terlibat, antara lain F-16 Fighting Falcon, pesawat Su-27/30, pesawat T-50i Golden Eagle, Hawk 100/200, EMB-314 Super Tucano.

Kemudian pesawat angkut antara lain pesawat C-130 Hercules, pesawat Cassa-212, pesawat pengintai yaitu Boeing 737, pesawat Hercules C-130BT dan kapal tanker.

“Belum ada materi pelatihan lain, sehingga menunjukkan TNI AU dan TNI secara umum dan seluruh personel siap menjalankan tugasnya meski di tengah pandemi COVID-19,” ujarnya.

Selama tiga hari manuver lapangan, lebih dari 40 pesawat TNI Angkatan Udara melakukan berbagai operasi udara, yaitu operasi pengintaian, pengawasan dan pengintaian udara, operasi serangan udara strategis (OUSS), operasi pertahanan udara ofensif (OULUO), pertahanan udara. operasi pertahanan udara (OULUD), penanggulangan udara terhadap operasi darat dan operasi mobilitas udara.

“Manuver lapangan Angkasa Yudha 2021 dirancang untuk melihat dan menilai tingkat kemampuan yang ada, serta memberikan materi untuk menilai peningkatan kemampuan seluruh unit lini yang melakukan latihan,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Kasau juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Lumajung Torikul Haka, Kapolres Lumajang, dan Dandim 0821, serta Vorkopimda yang sangat mendukung acara tersebut.

TNI AU juga memberikan bakti sosial, memvaksinasi penduduk di sekitar Pandanwanga, memberikan hingga 5.000 vaksin dan mendistribusikan sembako kepada penduduk.

Artikel sebelumyaISED: Indonesia Harus Melatih Talent Digital Untuk Mendapatkan Bonus Demografis
Artikel berikutnyaDubes Norwegia mengunjungi produsen kelapa sawit Musi Banyuasin, Sumatera Selatan