Beranda Hukum Kapolri berharap, vaksinasi gratis ini bisa diperluas ke daerah lain.

Kapolri berharap, vaksinasi gratis ini bisa diperluas ke daerah lain.

Jakarta (ANTARA) – Kapolri Jenderal Listio Sigit Prabovo mengapresiasi jajaran Forkopimda Polda Metro Jaya dan Forkopimda DKI Jakarta yang memberikan vaksinasi gratis untuk menjamin 100% herd immunity, sehingga langkah serupa diharapkan dapat diperluas ke daerah lain di seluruh Indonesia.

“Kami berharap kegiatan ini akan muncul dan berkembang tidak hanya di DKI, tetapi juga di DKI. Dalam hal ini saya mengapresiasi Polda Metro Jaya sebagai inisiator, tentunya strategi mendekatkan vaksinasi kepada masyarakat membutuhkan kekompakan, pengorganisasian dan keterlibatan yang kuat. semua pihak,” kata Sigit pada acara peluncuran vaksinasi Merdeka di Polda Metro Jaya, Minggu.

Sigit dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadykin didampingi Kapolres Metro Inspektur Jai Paul Fadil Imran, Gubernur DKI Jakarta Anis Basvedan dan perwakilan TNI meluncurkan program vaksinasi Merdek.

Program Vaksin Gratis merupakan salah satu strategi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta untuk mempercepat vaksinasi guna mencapai 100% imunitas masyarakat (“herd immunity”) di ibu kota.

“Program ini merupakan strategi vaksinasi yang akan dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT RI,” kata Sigit.

Menurut jenderal bintang empat itu, strategi vaksinasi Merdeka diharapkan mencapai 100 persen herd immunity di DKI Jakarta pada 17 Agustus 2021.

Program ini didukung oleh relawan dari beberapa kelompok/komunitas seperti dokter, mahasiswa, tenaga kesehatan, ilmuwan, yang tergabung dalam acara vaksinasi Merdeka, mengejar lebih dari tiga juta orang yang belum divaksinasi COVID-19.

“Pada 3 Agustus 2021, dosis pertama akan tercapai, kemudian dosis kedua dapat tercapai lagi, ini sebuah kegembiraan, saya menghargai kesempatan ini,” kata Sigit.

Mantan Kapolda Banten itu mengatakan, pemerintah telah menetapkan target peningkatan herd immunity yang diharapkan bisa diterapkan DKI Jakarta pada 17 Agustus 2021, disusul daerah lain.

“Tempat-tempat lain diharapkan melakukan hal yang sama,” kata Sigit.

Menurut Sigit, “herd immunity” merupakan prasyarat dimulainya kembali pertumbuhan ekonomi, sehingga kesehatan menjadi prioritas atau salah satu syarat dasar pembangunan ekonomi.

“Karena kesehatan dan ekonomi tidak bisa dipisahkan, kesehatan menjadi salah satu faktor atau syarat mutlak bagi semua kegiatan masyarakat,” kata Sigit.

Gubernur DKI Jakarta Anis Basvedan menjelaskan, data menunjukkan bahwa setelah vaksinasi, risiko kematian dan risiko gejala serius berkurang.

Anies mengatakan ada syarat pembukaan acara, yakni vaksinasi.

“Oleh karena itu, program vaksinasi yang kini tengah dicanangkan menjadi solusi bagi warga Jakarta,” kata Anies.

Lokasi vaksinasi Merdeka akan berlokasi dekat dengan tempat tinggal masyarakat, terdapat lebih dari 900 tempat penerimaan vaksin yang akan memudahkan warga Jakarta untuk mendapatkan vaksinasi terhadap COVID-19.

Kapolres Metro Jaya Inspektur Fadil Imron menambahkan, vaksinasi gratis itu terwujud berkat kekompakan Forkopimda DKI Jakarta.

Artikel sebelumyaRektor LUMSU Kirim Mahasiswa Kedokteran ke Irlandia
Artikel berikutnyaPangdam V / Brawijaya: Babinsa siap memimpin "pelacakan"