Beranda Warganet Jumlah pasien suspek varian Omicron di Madiun bertambah tiga orang.

Jumlah pasien suspek varian Omicron di Madiun bertambah tiga orang.

Madiun (ANTARA) – Jumlah pasien COVID-19 dengan suspek varian Omicron yang dirawat di RSUD Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur bertambah tiga orang.

Direktur RS Dolopo, dr Purnomo Hadi di Madiun, Senin, melaporkan tambahan tiga kasus suspek omicron, dua di antaranya merupakan hasil penelusuran kontak dekat pasien pertama yang positif omicron S, dan satu orang mantan. Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru pulang dari Hong Kong.

“Dari tiga pasien suspek, dua merupakan hasil pelacakan S yang dilakukan oleh dinas kesehatan. Pasien lainnya adalah PMI yang juga pulang dari Hongkong,” ujarnya.

Menurut dia, dua orang kontak dekat S adalah orang tua dan calon suami S. Ini adalah dua dari 18 warga yang memiliki kontak dekat dengan S. Self-tracking dilakukan pada Jumat dan Sabtu pekan lalu.

“Hasilnya, dua kasus kontak dekat dengan S, yakni orang tua S dan calon suami S, ditemukan positif Omicron, sedangkan satu orang terduga Omicron belum terkonfirmasi karena masih menunggu pemeriksaan lebih lanjut di East. Provinsi Jawa,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pasien baru kasus Covid-19 varian mikron mulai dirawat di RSUD setempat pada Sabtu (15/1/2022). Mereka dirawat setelah melewati tes antigen cepat saat peluncuran, yang diperlukan untuk perayaan. Karena hasilnya mengarah pada varian baru COVID-19, itu telah berlalu reaksi berantai polimerase (PCR) di RS Dolopo.

“Untuk sisa kasus suspek omicron, kami kirimkan sampel PCR dari yang bersangkutan hari ini ke laboratorium Unair di Surabaya untuk memastikan apakah itu omicron atau bukan. Ini mengingat dia mantan PMI yang baru pulang dari luar negeri,” ujarnya.

Purnomo menambahkan, selain empat pasien tersebut, RSUD setempat juga merawat satu orang lagi yang terpapar virus corona varian delta. Dengan demikian, lima pasien COVID-19 dirawat di RS Dolopo. Satu di antaranya varian delta, tiga pasien varian omicron, dan satu lagi diduga mengidap omicron.

Untuk mengantisipasi peningkatan jumlah kasus terkonfirmasi di Kabupaten Madiun, RS Dolopo saat ini menyediakan 162 tempat tidur.

Artikulli paraprakMenteri PPPA Apresiasi Kerja Pokja Perjuangkan RUU TPKS
Artikulli tjetërKPAI menghargai kesepakatan orang tua dengan keluarga Vanessa-Tante.