Beranda News JK Minta Pengurus Masjid Tingkatkan Kewaspadaan

JK Minta Pengurus Masjid Tingkatkan Kewaspadaan

Jakarta (ANTARA) – Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) meminta seluruh pengurus masjid di Indonesia untuk meningkatkan kewaspadaan dan segera memberi tahu pihak berwajib jika melihat hal-hal yang mencurigakan.

Hal itu disampaikan Yusuf Kalla dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, menanggapi pembakaran mimbar di Masjid Raya Makassar.

“Saya berharap pengurus masjid di Indonesia meningkatkan kewaspadaan dan segera melaporkan kepada pihak berwajib jika melihat hal-hal yang mencurigakan,” kata Kalla di Jakarta, Sabtu.

Kewaspadaan yang meningkat ini juga perlu dilakukan mengingat maraknya kriminalisasi terhadap ulama belakangan ini, kata Wakil Presiden Republik Indonesia ke-10 dan ke-12 tersebut.

Yusuf Kalla juga mengungkapkan keprihatinan atas insiden kekerasan yang belakangan ini menimpa sejumlah ulama atau tokoh agama.

“Apalagi akhir-akhir ini kriminalisasi terhadap ulama kembali terjadi. Saya berharap polisi bersama masyarakat dapat mencegah kejadian serupa di kemudian hari,” jelasnya.

Sementara itu, terkait pembakaran bagian Masjid Agung Makassar, Yusuf Kalla, selaku ketua DMI, menginstruksikan polisi untuk mengusut dan mengidentifikasi motif pembakaran tersebut. Dia juga meminta masyarakat untuk tidak memprovokasi tindakan seperti itu.

“Saya yakin dan percaya bahwa polisi akan segera mengidentifikasi para penjahat. Saya berharap aksi ini tidak memprovokasi masyarakat, khususnya umat Islam di Makassar dan wilayah Indonesia lainnya,” ujarnya.

Artikel sebelumyaOtoritas Kesehatan Maluta mengakui bahwa vaksin COVID-19 baru mencapai 21,8 persen.
Artikel berikutnyaAzis Syamsuddin mengundurkan diri sebagai wakil ketua DPR RI