Beranda Warganet Jalur Lumajang-Malang melalui Picket Zero ditutup total.

Jalur Lumajang-Malang melalui Picket Zero ditutup total.

Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) – Jalur penghubung Lumajang Regensi hingga Kabupaten Malang lewat selatan pada jalur Picket Zero ditutup total akibat terputusnya Jembatan Silver Deck di Desa Sumerwuluh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu sore.

Jembatan tersebut diduga runtuh akibat dampak lahar dingin, sehingga pondasi yang menopangnya dari bawah tidak cukup kuat untuk menahan derasnya aliran lahar dingin dari Gunung Semeru. Akibatnya, itu runtuh dan menjadi tidak bisa dilewati.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang, Nugraha Yuda M., mengatakan, pihaknya telah memperingatkan sejumlah pegawai untuk mengarahkan kendaraan yang akan melintasi garis nol piket.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar tidak menggunakan jalur yang tidak direkomendasikan petugas, karena melintasi Teluk Kobokan sangat berisiko dan berbahaya, lebih baik jalur tersebut dimatikan saja,” ujarnya.

Letusan Gunung Semeru pada Sabtu sore merusak sejumlah sarana dan prasarana. Salah satunya adalah Jembatan Silver Deck di Desa Sumerwulu, Kecamatan Kandipuro.

Jembatan tersebut merupakan satu-satunya jembatan yang menghubungkan kawasan Pronodzivo dengan kawasan Kandipuro. Bahkan menghubungkan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang melalui jalur Zero Picket.

Semua mobil dari Senduro (Kabupaten Lumajang) ke Ponkokusumo (Kabupaten Malang) atau sebaliknya dipulangkan.

“Semua kendaraan dari arah Probolingo ke Malang dialihkan bolak-balik, dan semua kendaraan dari arah Jember ke Malang dialihkan melalui Probolingo,” katanya.

Seluruh mobil dari Malang menuju Lumajang Regensi ditolak untuk kembali melalui Probolinggo karena Jembatan Perak ke Piket Zero runtuh akibat lahar dingin dan letusan Gunung Semeru.

Artikel sebelumyaAkibat erupsi di Semeru, tiga menara BTS telekomunikasi rusak.
Artikel berikutnya2 helikopter dan 3 kompi TNI terlibat dalam evakuasi korban erupsi Semeru.