Beranda Trending "Jalan Sesama" akan mempersembahkan boneka Asia-Amerika pertamanya

"Jalan Sesama" akan mempersembahkan boneka Asia-Amerika pertamanya

Jakarta (ANTARA) – Program TV anak “Sesame Street” akan menampilkan tokoh-tokoh wayang (boneka) Seorang Amerika keturunan Asia bernama Ji Young, yang dirilis Kamis pekan depan (25/11) atau bertepatan dengan Thanksgiving di Amerika Serikat.

Ji Young akan secara resmi tampil di acara spesial bertajuk “See Us Coming Together: A Sesame Street Special”, yang akan tayang di HBO Max, platform media sosial Sesame Street, dan PBS. Simu Liu, Padma Lakshmi dan Naomi Osaka juga termasuk di antara selebriti yang akan tampil di acara tersebut.

Wakil Presiden Eksekutif Kreativitas dan Produksi di Sesame Workshop, Kay Wilson Stallings, mengatakan kehadiran Ji Young merupakan dorongan yang muncul dari berbagai diskusi menyusul peristiwa kematian George Floyd tahun lalu dan insiden kebencian anti-Asia yang meletus di Amerika Serikat.

“Ketika kami tahu kami akan melakukan pekerjaan ini, yang akan fokus pada pengalaman Asia dan Kepulauan Pasifik, kami tentu tahu kami perlu membuat boneka Asia juga,” kata Stallings kepada The Associated Press, Senin.

Vanessa Leung, direktur eksekutif Coalition of Asian American Children and Families, mengatakan pihaknya menyambut baik kehadiran karakter Ji Young tersebut. Menurutnya, karakter tersebut bisa mewakili orang Amerika keturunan Asia.

“Ini memicu rasa ingin tahu dan pemahaman awal tentang keragaman komunitas kami, keindahan dalam keragaman komunitas kami,” kata Leung, konsultan konten anti-rasis di Sesame Workshop.

Muppet Ji Young diperankan oleh pembuat boneka Korea-Amerika Kathleen Kim, yang telah terjun ke dunia boneka sejak dia berusia 30 tahun.

“Saya merasa ada beban bagi saya untuk mengambil pelajaran ini dan menjadi perwakilan dari apa yang tidak saya miliki sebagai seorang anak,” kata Kim.

Namun, rekan Dalang yang memerankan karakter Abby Cadabby mengingatkan bahwa yang terpenting adalah pesan yang akan disampaikan di Sesame Street.

Dalam episode “See Us Coming Together” yang akan datang, Chi Young memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan karena anak itu mengolok-oloknya.

Dia merasa kuat setelah orang Asia-Amerika lainnya di Sesame Street, bintang tamu dan teman-teman seperti Elmo telah menanamkan dalam dirinya kepercayaan diri bahwa dia seperti orang lain.

Nantinya, Ji Young akan mengenalkan teman-temannya dengan budaya Korea, salah satunya adalah makanan. Dia digambarkan sebagai karakter yang suka memasak berbagai hidangan, seperti tteokbokki dengan Nenek. Selain itu, Ji Young juga digambarkan sebagai seorang gadis yang suka bermain gitar listrik dan papan luncur.

Stallings berpendapat bahwa Ji Young tidak hanya muncul untuk menanggapi realitas keadilan rasial. Ji Young juga akan hadir untuk musim 53 tahun depan, serta tampil di berbagai program digital. aksi langsung, dan animasi.

Artikel sebelumyaDelegasi RI: Pasal 6 diadopsi, Paris Agreement dapat dilaksanakan
Artikel berikutnyaKisah Kevin Ardilov terlibat dalam pembuatan film "Autobiografi"