Beranda News Jajak pendapat Voxpopuli: Selektivitas PSI mencapai 5 persen

Jajak pendapat Voxpopuli: Selektivitas PSI mencapai 5 persen

Terpilihnya parpol tak hanya datang dari OSI, tapi juga dari partai Ummat dan Gelora.

Jakarta (ANTARA) – Hasil polling Pusat Riset Voxpopuli menunjukkan perolehan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sudah mencapai 5 persen.

“PSI sudah mencapai 5 persen selektivitas, sementara partai baru mulai tumbuh,” kata Ahmad Subaja, Direktur Komunikasi Voxpopuli Research Center, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Terpilihnya parpol tak hanya datang dari PSI, tapi juga dari parpol baru seperti Ummat yang mendapat 1,5 persen, dan Gelora 1,0 persen. Hal ini mulai mewarnai politik nasional.

Namun, menurut jajak pendapat yang sama, PDIP memiliki tingkat elektoral tertinggi dari partai mana pun dengan perolehan 15,8 persen, diikuti oleh Gerindra dengan 13,5 persen.

Tak kalah penting, kata dia, adalah Partai Demokrat masuk tiga besar dengan 11,2 persen pemilih.

Ahmad mengatakan peningkatan besar partisipasi pemilu Demokrat menjadi ancaman bagi dua partai utama dalam koalisi pemerintah: PDIP dan Gerindra.

“Demokrat berhasil menyalip Golkar yang biasanya berada di urutan ketiga. Pilkada Golkar relatif stabil di 8,8 persen,” ujarnya.

Ia mengklaim, partai berlambang belas kasihan itu kini menjadi lambang oposisi. Setiap kritik terhadap tindakan pemerintah cenderung meningkatkan pemilih Partai Demokrat.

Tak hanya PDIP, Gerindra, Demokrat dan Golkar, Puslit Voxpopuli juga menampilkan hasil dari partai lain, yakni 6,1 persen PKB, 4,9 persen PKS, 3,7 persen NasDem, dan 2,0 persen PPP.

“Partai Ummat dan Gelora telah mendorong dan membatasi posisi PAN di 1,3 persen,” katanya lagi.

Di antara partai-partai baru, hanya partai Ummat dan Gelora yang mulai menunjukkan kekuatan, mengancam partai-partai lama, terutama PAN dan PCU. Partai Ummat didirikan oleh tokoh PAN Amiens Rais, sedangkan PKS berisi tokoh-tokoh dari PKS.

Di bawah adalah Perindo 0,8 persen, Hanura 0,7 persen, Berkarya 0,6 persen, PBB 0,4 persen, PKPI 0,3 persen, dan Garuda 0,1 persen. Masyumi Reborn tidak memiliki dukungan, selebihnya partai – 0,4 persen, dan selebihnya tidak tahu atau tidak menjawab 21,9 persen dari total jumlah responden.

Survei Voxpopuli Research Center dilakukan dari 10 hingga 20 Agustus 2021 melalui telepon di antara 1.200 responden di seluruh Indonesia, yang dipilih secara acak dari survei sebelumnya dari 2019.

Kesalahan yang diizinkan surveinya sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Artikel sebelumyaBappenas menilai perlu mendorong iklim inovatif di daerah.
Artikel berikutnyaCoarmada I mengerahkan 5 KRI untuk membantu mengatasi pandemi pesisir