Beranda Nusantara Hujan lebat diprediksi akan mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia.

Hujan lebat diprediksi akan mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia.

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat akan mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia pada Jumat.

Menurut prakiraan cuaca yang dipublikasikan di situs resmi BMKG, wilayah yang rawan hujan lebat disertai angin kencang dan petir antara lain Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung dan Barat. Jawa.

Wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua juga diprakirakan akan mengalami hujan lebat disertai petir disertai angin.

Curah hujan yang lebih rendah diprakirakan terjadi di Sumatera Utara, Riau, Jambi, Banten, DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

BMKG mengatakan sejumlah daerah yang harus diwaspadai kemungkinan banjir, antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Jawa Barat.

Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua, dan Papua Barat juga berstatus waspada banjir.

Selain itu, BMKG telah memperingatkan sebelumnya kemungkinan angin kencang di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Munculnya zona konvergensi, zona pertemuan dan perlambatan angin meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Menurut BMKG, zona konvergensi yang diamati membentang dari Sumatera Utara hingga Selat Malaka, dari selatan Jawa Barat hingga pantai barat Lampung, dari selatan Kalimantan Barat hingga utara Kalimantan Barat, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, dari utara tenggara. Sulawesi hingga pantai selatan. Sulawesi – Tengah, dari Papua Barat hingga Maluku Utara dan Papua.

Artikel sebelumyaOrangutan asal Sumatera Utara dilepasliarkan ke alam liar di Riau
Artikel berikutnyaAwan panas Gunung Merapi meluncur sejauh dua kilometer