Beranda Trending Hujan kembali "Saya siap!"

Hujan kembali "Saya siap!"

Jakarta (ANTARA) – Grup musik Rain asal Yogyakarta kembali hadir dengan single “Aku Siap!”

Sendirian Juga memperingati 20 tahun perjalanan grup yang terdiri dari kuartet Indra Prasta (vokal, gitar), Iwan Tanda (gitar, vokal), Ipul Bahri (bass, vokal) dan Aang Anggoro (drum, vokal).

Selama karir The Rain, mereka telah mengalami banyak perubahan di industri musik.

“Sejak zaman kaset, CD, trend. sinyal panggilan balik sebelum layanan Streaming musik seperti sekarang ini,” kata Indra dalam keterangannya, Rabu. Kita beruntung bisa mengalaminya dan bersyukur bisa mengalaminya secara turun-temurun.

Setelah bekerja sama dengan label besar dalam lima album, The Rain telah mengambil jalur independen sejak 2013, merilis single “Terlatih Patah Hati” sebagai penanda babak baru dalam perjalanan band.

Dirilis tanpa ekspektasi yang tidak perlu, ternyata lagu tersebut mendapat respon yang tidak terduga. Serangkaian single The Rain berikutnya seperti “Failure to Hide”, “The Antidote to Fatigue”, “Again this Second” dan beberapa single lainnya juga mendapat respon yang luar biasa.

Jutaan dilihat di YouTube, dan lagi-lagi jadwal konser yang padat. Hingga awal 2020, pandemi telah membuat seluruh jadwal jadwal tahapan off air “Hujan” telah ditunda tanpa batas waktu.

Mempersiapkan album ketujuh

Meski di tengah pandemi, The Rain tetap produktif berkarya menyiapkan album ketujuhnya.

“Terus berkarya secara produktif pada lagu-lagu baru adalah jalan yang kami pilih dalam kondisi sulit ini,” kata Ivan.

“Sudah cukup lama sejak The Rain terakhir merilis album,” sela Ipoul. “Akhirnya tahun 2016 lewat album Jabat Erat. Beberapa rilis single menyusul.”

Album ketujuh The Rain sedang dipersiapkan untuk rilis pada tahun 2018. Ini dijadwalkan untuk rilis akhir tahun ini bertepatan dengan ulang tahun ke-20 The Rain.

Jeda waktu antar sesi album cukup lama, dan hasilnya adalah album yang sangat berwarna.

Pada single “Aku Siap!” Hujan sepertinya berubah menjadi kelompok anak laki-laki Era 90-an. Dengan vokal yang penuh harmoni dan kemasan musik yang belum pernah digarap The Rain sebelumnya.

“Hujannya sangat berorientasi gitar“Kata Aang. Dan di lagu ini kita sama sekali tidak menggunakan gitar.”

Berkat single “Aku Siap!” The Rain memasukkan vokal rap dalam lagu mereka untuk pertama kalinya.

“Ada dua baris lirik yang menarik jika diisi dengan gaya rap. Awalnya kami ingin mengisinya sendiri,” kata Indra. “Tapi setelah kita membahasnya bersama, sepertinya hanya ada satu orang yang paling cocok untuk ini. Legenda Hidup, Mas Iva K. Kami mengambil risiko untuk menghubunginya dan memainkan lagunya. Kami sudah siap dengan kenyataan bahwa dia tidak akan mau, tetapi ternyata dia senang melakukan bagian rap ini. Ini membuat lagu ini semakin spesial.”

“Ini adalah lagu yang paling banyak tertawa,” kata Ivan. “Sangat menyegarkan. Semoga yang mendengarkan juga merasakan energinya.”

Artikel sebelumyaBunga kadaver raksasa mekar di kawasan wisata Napala Jungur Bengkulu
Artikel berikutnyaMenteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan: Agenda Perubahan Iklim Indonesia Tidak Tertinggal