Beranda Nusantara Hujan deras merusak rumah dan merobohkan pohon di Malang Rai

Hujan deras merusak rumah dan merobohkan pohon di Malang Rai

Dilaporkan kerusakan 38 bangunan rumah warga di Desa Pandansarilor Kecamatan Jabung. Saat ini pendataan masih dilakukan oleh tim.

Malang, Jawa Timur (ANTARA). Angin kencang dan hujan lebat yang melanda kota Malang, Kabupaten Malang dan Batu atau Malang Raya pada hari Jumat merusak puluhan rumah dan menumbangkan pohon di beberapa titik di wilayah tersebut.

Plt Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan di Kabupaten Malang, Jumat mengatakan, sedikitnya 38 rumah di Desa Pandansarilor, Kabupaten Jabung, Kabupaten Malang telah rusak akibat hujan deras dan angin kencang.

“Ada laporan kerusakan 38 unit rumah di Desa Pandansarilor, Kecamatan Jabung. Saat ini pendataan masih dilakukan oleh tim BPBD Kabupaten Malang yang masih di lapangan,” kata Sadono.

Sadono menjelaskan, dari 38 rumah yang rusak akibat hujan deras dan angin kencang yang terjadi pada pukul 13.00 WIB, satu rumah rusak berat, empat rusak sedang, dan sisanya rusak ringan.

Menurut dia, sekitar 154 keluarga dari 38 rumah rusak terkena dampak. Sedangkan total kerugian ditaksir mencapai Rp 22,5 juta. Renovasi sementara dilakukan oleh tim BPBD Kabupaten Malang dan unsur terkait, termasuk warga.

Selain itu, lanjutnya, rumah yang rusak akibat hujan deras dan angin kencang juga tercatat di Desa Tavangargo, Kecamatan Karangploso. Dua rumah dilaporkan rusak di desa tersebut.

“Satu rumah rusak berat dan satu lagi rusak ringan. Kerugian ditaksir mencapai Rp 200 juta. Saat ini sedang dilakukan koordinasi untuk pembersihan dan penebangan pohon tumbang,” ujarnya.

Sementara itu, di wilayah Malang kota Malang, BPRP Kota Malang mencatat 12 pohon tumbang yang salah satunya mengakibatkan luka-luka. Selain itu, dua bangunan rusak.

“Cuaca ekstrim terjadi di wilayah Malang yaitu hujan lebat disertai angin kencang, puluhan pohon tumbang, salah satunya mengakibatkan luka-luka,” kata Ali Mulyanto, Kepala BPBD Kota Malang.

Eli menjelaskan, bencana pohon tumbang terjadi di Jalan Letjend Sutoyo, Kecamatan Klojen, Jalan Bandung, Kecamatan Kloen, Jalan Industrialnaya Barat, Kecamatan Blimbing, Jalan Bungur, Kecamatan Lovokvaru dan Jalan Julius Usman, Kecamatan Klozhen.

Pohon tumbang juga terjadi di kawasan Nusakambangan, Ade Irma Suryani, Kedondong, kawasan Klojen, sekitar pasar Madiopuro, kawasan Kedungkandang, taman Indragiri, kawasan Blimbing dan jalan Bunga Truly kawasan Lovokvaru.

“Kemudian di depan Kantor Pos Gadang di Kecamatan Sukun. Ada korban luka-luka, sopirnya,” ujarnya.

Sementara itu, di kawasan kota Batu juga dilaporkan tumbang, yakni di kawasan Jalan Raya Puntten, kawasan Bumiadzhi dan Jalan Sultan Agung kawasan Batu kota Batu. Pohon tumbang akibat hujan dan angin kencang.

“Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang mengakibatkan beberapa pohon tumbang di beberapa tempat. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB,” kata Kepala BPBD Kota Batu Agung Seday.

Pengguna jalan dan masyarakat diminta untuk waspada saat berkendara, terutama saat hujan dengan intensitas tinggi dan disertai angin kencang.

Artikel sebelumyaInilah mekanisme pemilihan ketua PBNU.
Artikel berikutnyaRestrukturisasi Greater Sibinong akan berlanjut pada 2022.