Beranda Nusantara Hujan abu Merapi mengguyur sebagian Kabupaten Magelang

Hujan abu Merapi mengguyur sebagian Kabupaten Magelang

Magelang (ANTARA). Hujan abu turun di sebagian wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah setelah awan panas turun dari Gunung Merapi pada Kamis pagi.

Edi Wasono, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magelang, di Magelang, Kamis mengatakan hujan abu ringan terjadi di lima kecamatan, yakni Dukun, Srumbung, Salam, Muntilan dan Mungkida.

Awan panas Gunung Merapi pada 12 Agustus 2021 pukul 01:53 WIB terekam di seismogram dengan amplitudo 57 mm dan durasi 232 detik. Jarak luncur 3000 meter barat daya

Edi mengatakan, sedikitnya tujuh desa/Kelurakhan terkena dampak hujan abu, yakni Kecamatan Dukun di Desa Kringing, Kecamatan Srumbung di Desa Srumbung dan Desa Pukanganom, Kecamatan Salam di Desa Gulon.

Kemudian di daerah Muntilan di desa Gunungpring dan di daerah Mungkid di desa Savitan.
dan Desa Mendut.

Menurutnya, dengan munculnya hujan abu kecil-kecilan, aktivitas masyarakat masih terpantau dengan baik dan tidak terganggu.

Menurut Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), jarak luncur awan panas dari Gunung Merapi masih dalam zona potensi bahaya yang direkomendasikan, yaitu tiga kilometer dari puncak di Kanal Kali-Voro dan lima kilometer dari puncak di Kanal Kali-Voro. kilometer. dari puncak untuk saluran Kali Gendol., Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng dan Putih.

Aktivitas vulkanik Gunung Merapi hingga saat ini masih tinggi.

Letusan eksplosif masih dimungkinkan dengan ancaman bahaya berupa pelepasan material vulkanik dalam radius tiga kilometer dari puncak Merapi.

Masyarakat tidak disarankan untuk mengambil tindakan apa pun di area yang berpotensi berbahaya.

Artikel sebelumyaSutradara wanita mengkritik penghargaan Johnny Depp
Artikel berikutnyaUpacara Penghargaan Emmy akan berlangsung di ruang terbuka