Beranda Nusantara HPHA Sulsel Kumpulkan Sumbangan Bibit Mangrove Sambut HMPI

HPHA Sulsel Kumpulkan Sumbangan Bibit Mangrove Sambut HMPI

Makassar (ANTARA) – Sedikitnya 12 lembaga lingkungan yang tergabung dalam Harapan Pelestarian Hutan Andalan Sulawesi Selatan (HPHA Sulsel) menggalang donasi bibit mangrove dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI).

“Saat ini sudah ada 1.520 bibit mangrove yang dipanen dan kami masih terbuka untuk donasi mangrove,” kata aktivis konservasi mangrove Sulawesi Selatan Nur Akbar Alam, Rabu di Makassar.

Sumbangan untuk adopsi mangrove dapat diberikan dalam bentuk bibit mangrove atau dalam bentuk uang tunai untuk membantu melestarikan tanah dan lingkungan.

Perubahan iklim yang menyebabkan kondisi cuaca ekstrim harus disikapi dengan perbaikan lingkungan, salah satunya dengan penanaman mangrove, ujarnya.

“Selain menghilangkan abrasi, juga dapat membantu menghijaukan garis pantai dan menjadi paru-paru kota,” ujarnya.

Menurut dia, penanaman mangrove di bawah HMPI dan Bulan Tanam November tahun ini dijadwalkan 28 November 2021 di kampung nelayan Untia, Kecamatan Biringkanaya, Makassar.

Tema acara tersebut adalah “Restorasi mangrove, jalan menuju pemulihan dan kesejahteraan”.

Aksi penanaman mangrove yang akan berlangsung pada minggu ketiga November 2021, selain mewakili pemerintah dan para penggiat lingkungan serta masyarakat sekitar. *

Ilustrasi hutan mangrove di perkampungan nelayan di Kabupaten Sinjai yang didesain untuk perlindungan lingkungan dan abrasi pantai, Makassar. ANTARA / Suriani Mappong

Artikel sebelumyaICRAF: Agroforestri adalah salah satu area untuk mencapai FoLU Net Sink 2030
Artikel berikutnyaDorong Efisiensi Infrastruktur TIK, Menkominfo: Pemerintah Siapkan Kebijakan yang Ramah