Beranda Warganet Gubernur Jambi: Proses MTQ ke-50 dari Pandemi ke Endemik COVID-19

Gubernur Jambi: Proses MTQ ke-50 dari Pandemi ke Endemik COVID-19

Peluncuran MTQ ke-50 Tahun Ini Tunjukkan Jambi Menuju Endemik COVID-19

Jambi (ANTARA) – Gubernur Jambi Al Haris menyatakan bahwa pelaksanaan Musabak Thilawatil Quran (MTQ) ke-50 tahun 2021 di tingkat provinsi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat merupakan proses dari pandemi COVID-19 menjadi endemik COVID-19 .

“Peluncuran MTQ ke-50 tahun ini menunjukkan bahwa Jambi menuju endemis COVID-19,” katanya saat membuka MTQ ke-50, Minggu di Tanjung Jabung Barat.

Ia menjelaskan, pelaksanaan MTQ ke-50 dilakukan melalui penerapan protokol kesehatan COVID-19 yang sangat ketat. Seluruh RV dari 11 kabupaten dan kota diuji dengan swab PCR untuk memastikan RV dalam kondisi baik dan sehat.

Melalui pelaksanaan MTQ, Pemprov Jambi berupaya mengedukasi masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dengan lebih disiplin, ujarnya.

Selain itu, kata dia, pengenalan MTQ di Kabupaten Tanjung Barat diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya di sektor pariwisata, serta pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

“Dengan diperkenalkannya MTQ, UMKM mulai tumbuh positif, bisnis restoran, katering, dan pariwisata mulai menunjukkan pertumbuhan positif,” ujarnya.

Gubernur berharap dengan adanya MTQ ke-50 ini, acara dan hajatan penting lainnya yang menjadi agenda pemerintah daerah dapat kembali digelar.

“Namun dengan syarat semua pihak yang terlibat sudah divaksinasi COVID-19 dan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat,” kata Al Haris.

Sementara itu, Bupati Tanjung Jabung Barat Anwar Sadat berkomitmen untuk memastikan Pemkab Tanjung Barat sukses menyelenggarakan MTQ, sukses menerapkan protokol kesehatan dan membuat kemajuan.

“Saya berharap seluruh karavan dan satelit dari sebelas kabupaten dan kota Jambi dapat disiplin menerapkan protokol kesehatan selama MTQ, dan masyarakat dapat mendukung pelaksanaan protokol kesehatan COVID-19,” kata Anwar Sadat.

Ia menjelaskan, rangkaian pelaksanaan MTQ banyak yang dilompati untuk mendukung pelaksanaan protokol kesehatan. Dimulai dengan pawai taaruf, bazar dan pameran. Selain itu, pembukaan MTQ yang biasanya dilakukan pada malam hari, dilakukan pada siang hari.

Seluruh rangkaian acara MTQ berlangsung pada siang hari, katanya, dengan MTQ ke-50 di tingkat Provinsi Jambi berlangsung mulai 3-8 Oktober 2021.

“Seluruh karavan dan satelit dari 11 kabupaten/kota dilakukan tes antigen smear setibanya di Kuala Tungkal untuk memastikan karavan dan satelit dalam kondisi baik dan sehat,” kata Anwar Sadat.

Artikel sebelumyaJumlah kasus positif COVID-19 di Bangka Babel Barat bertambah 61 kasus dalam seminggu
Artikel berikutnyaKlip video "pertemuan kita" menceritakan kisah kolaborasi dan semangat untuk bekerja